Memilih Parcel Lebaran Yang Tepat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

402

Memberikan parcel/bingkisan pada saat lebaran sudah menjadi tradisi kita di Indonesia menjelang hari raya sebagai salah satu bentuk silaturahmi dengan relasi maupun teman. Menjelang lebaran, tentunya kita menjumpai beragam jenis parcel yang ditawarkan dengan kemasan yang menarik dan isi yang beraneka ragam.

Isi parcel biasanya bervariasi mulai dari makanan ringan, sirup, minuman kaleng dan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk melengkapi lebaran. Aspek kehalalan dan waktu kadaluarsa harus dipertimbangkan dalam pemilihan parcel. Oleh karena itu sebelum membeli kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :

  1. Melihat tampilan parcel

Parcel biasanya dikemas menggunakan keranjang yang ditutup dengan kertas plastik putih, maka kita dapat melihat isi dari jenis-jenis parcel dengan jelas. Lihatlah penampilannya apakah ada yang rusak atau tidak. Jangan beli parcel dengan tampilan yang sudah rusak.

2. Perhatikan label halal

Pilihlah selalu produk-produk yang memiliki label halal MUI dengan huruf dan logo yang standar. Salah satu hal yang menyulitkan kita dalam memilih produk adalah kesulitan dalam membaca ingredients (bahan/komposisi). Hal ini sering terjadi pada produk impor, seperti produk Tiongkok, Jepang, Korea, dan lain-lain. Oleh karena itu produk seperti ini sebaiknya dihindari saja daripada tidak jelas kehalalannya.

3. Perhatikan kemasan produk

Kemasan dari produk sangat mudah diamati dan anda dapat melihat setiap tampilan dari  kemasan. Perhatikan dari tiap-tiap produk yang menjadi isi parcel, lihatlah apakah ada kerusakan seperti peyot, rusak, dan berkarat produk kaleng yang bocor atau menggembung.

4. Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa adalah hal terpenting yang harus diperhatikan saat membeli parcel. Tentunya hal ini sangat penting untuk menentukan apakah makanan tersebut layak untuk dikonsumsi.

5. Legalitas dari produksi isi parcel lebaran

Lihatlah produk apakah terdapat nomor SP, ML, maupun MD. Nomor-nomor ini dikeluarkan oleh BPOM yang menunjukkan tentang ijin kelayakan bagi setiap produk makanan tersebut untuk dikonsumsi atau diedarkan.

Telitilah sebelum memilih dan membeli parcel. Jangan sampai niat baik kita untuk menjalin silaturahmi malah dirusak dengan isi parcel yang tidak jelas kehalalan dan kadaluarsanya. (EDA/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Cermat Saat Membeli Parcel Lebaran. https://food.detik.com/info-halal/d-1427880/cermat-saat-membeli-parcel-lebaran
  2. Tips Memilih Parcel Lebaran. https://anotherorion.com/tips-memilih-parcel-lebaran/#2_Parcel_berlabel_halal

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store