Memulai Hari Dengan Sarapan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

144

Dengan padatnya hari, manusia cenderung lupa untuk memulai pagi dengan sarapan. Apakah Anda juga memiliki kebiasaan meninggalkan makanan atau menggabungkannya dengan makan siang? Padahal sebenarnya sarapan sangat banyak manfaatnya. Apa saja sih manfaat sarapan? Simar artikel berikut!

  1. Sarapan merupakan makanan terpenting dalam sehari

Mengapa demikian? Dengan menyantap sarapan, kita akan membiasakan tubuh untuk melakukan metabolisme yang baik sejak pagi hari. Metabolisme yang baik menghasilkan energi yang optimal untuk menjalani hari, sehingga tubuh bertenaga, tidak lemah, lesu, dan perasaan pun juga dapat menjadi baik.

  1. Sarapan yang teratur memerbaiki tubuh

Sarapan memerbaiki level energi dalam tubuh, memerbaiki metabolisme, mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak pada sisa hari, menstabilkan gula darah, dan memaksimalkan konsentrasi.

  1. Sarapan mencegah penyakit tidak menular

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang rutin selain memperbaiki daya ingat dan konsentrasi, juga dihubungkan dengan kadar kolesterol jahat yang rendah serta menurunkan risiko untuk terkena penyakit-penyakit seperti diabetes mellitus, penyakit jantung, dan menjadi overweight.

  1. Sarapan meningkatkan prestasi

Sarapan juga penting untuk anak-anak sebelum memulai sekolah. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang rutin sarapan tiap harinya memiliki prestasi yang lebih dibandingkan dengan mereka yang jarang sarapan. Hal ini terjadi karena anak yang terbiasa sarapan dengan makanan sehat lebih dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Terlebih jika menu sarapan yang disajikan mengandung protein tinggi yang baik untuk perkembangan otak; anak akan memiliki daya ingat yang lebih baik.

Namun tentu saja, tidak sembarang makanan baik untuk sarapan. Untuk memulai hari dengan sarapan, tidak perlu menu yang terlalu banyak. Cukup dengan porsi sedikit namun bergizi. Sarapan yang baik terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak yang sehat, dan serat. Karbohidrat menghasilkan energi secara cepat, sedangkan protein memberikan cadangan energi berikutnya. Serat akan menjaga agar perut terasa penuh dan membuat asupan makanan berikutnya tidak terlalu banyak.

Berikut adalah beberapa opsi sarapan yang layak untuk dicoba:

  1. Roti gandum dengan selai kacang, alpukat, atau bayam

Roti gandum berfungsi sebagai sumber karbohidrat. Selai kacang sebagai protein nabati. Alpukat dan bayam sebagai serat.

  1. Bubur

Berbagai jenis bubur yang ada di Indonesia dapat Anda sajikan sebagai sarapan keluarga Anda. Mulai dari bubur ayam, bubur sumsum, bubur jenang, bubur manado, dan masih banyak jenis bubur lainnya.

  1. Buah segar dan yoghurt

Untuk membuat sarapan dari buah segar dan yoghurt, Anda sebaiknya memilih buah-buah yang memiliki rasa manis dan mengandung karbohidrat tinggi, seperti pisang, alpukat, atau pepaya. Mengapa? Rasa manis dari buah-buah tersebut akan mengimbangi rasa asam dari yoghurt. Namun, bila Anda ingin variasi rasa, Anda dapat menambahkan apel, jeruk, hingga biji-bijian dan kacang-kacangan.

  1. Sereal gandum dengan susu rendah lemak

Satu mangkuk sereal gandum dengan satu gelas (250cc) susu rendah lemak juga bisa menjadi opsi yang baik untuk sarapan. Anda bisa memilih sereal gandum original bila Anda tidak terlalu suka manis.

  1. Smoothies buah atau sayur

Untuk Anda yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyiapkan sarapan, Anda dapat memilih smoothies buah dan sayur sebagai sarapan Anda. Anda tinggal mencampur semua bahan smoothies menjadi satu dalam blender dan sarapan Anda pun siap. Anda bahkan dapat membawanya dalam botol minum agar dapat Anda nikmati selama perjalanan.

  1. Roti gandum dengan telur rebus

Selain dengan campuran selai dan buah atau sayur, roti gandum juga dapat digabungkan dengan telur rebus bila Anda membutuhkan protein hewani. Anda juga dapat mencoba menggabungkannya dengan olehan ikan, ayam, dan daging.

Selamat memulai hari dengan sarapan! (PAY/STE)

Sumber:

www.webmd.com/food-recipes/breakfast-lose-weight

www.nutritionaustralia.org/national/resource/breakfast


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store