Menahan kencing: kebiasaan buruk yang berbahaya!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

215

Anda seorang wanita? Pernah menahan rasa ingin buang air kecil? Banyak hal yang menyebabkan seseorang terpaksa menahan kencing, misalnya dalam perjalanan, sedang belajar di kelas, dalam bioskop, sedang rapat dan sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa menahan kencing ternyata bisa mendatangkan penyakit bagi diri anda? Tanpa kita sadari kebiasaan menahan kencing dapat menyebabkan hal-hal di bawah ini:

  1. Infeksi saluran kencing

Ini adalah efek samping yang paling banyak terjadi dari menahan kencing karena bakteri yang ada di dalam saluran kecing Anda, yang seharusnya dibuang melalui urine,  menjadi stasis atau berdiam, kemudian berkoloni dan menyebabkan peradangan pada saluran kemih Anda.

  1. Pembengkakan kandung kemih

Rata-rata kendung kemih dapat menyimpan hingga 15 ons cairan. Jika Anda minum delapan gelas air sehari, jumlah cairan yang Anda konsumsi sekitar 64 ons, atau rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga sekitar seperempat air yang Anda minum setiap hari. Jadi minum dalam jumlah yang cukup tanpa membiarkan ginjal melakukan tugasnya untuk memfiltrasi dan membuang zat sisa melalui urine, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kandung kemih Anda.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan “batu” kecil yang terbentuk dalam ginjal dari kelebihan natrium dan kalsium, dan jika endapan mineral ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urin, maka mereka akan membentuk batu. Ketika Anda ingin mengeluarkannya melalui saluran kemih, Anda akan merasakan sakit yang luar biasa.

  1. Gagal ginjal

Kondisi medis ini disebabkan ketika ginjal gagal untuk menyaring racun dan limbah dari darah dan mungkin merupakan hasil dari infeksi yang disebabkan oleh menahan kencing Anda. Dalam tahap tertentu, gagal ginjal memerlukan intervensi medis berupa “Dialisis atau Cuci Darah” secara rutin untuk mengeluarkan racun sehingga racun tersebut tidak terdistribusi ke organ tubuh yang lain. Transplantasi adalah opsi lain yang dapat dipertimbangkan selain Dialisis.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk mencegah semua hal di atas?

Hindari menahan kencing. Apabila anda akan melakukan perjalanan jauh, Anda disarankan untuk tidak minum berlebihan sebelum pergi ke tempat yang tidak menyediakan toilet, atau segeralah menepi di rest area jika Anda sudah merasa kandung kemih Anda penuh. (EDA/CM)

SUMBER:

  1. Rudystina A. Apa Akibatnya Jika Kita Sering Menahan Buang Air Kecil? https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/apa-akibat-menahan-kencing/
  2. Kusumanigrum FD. 4 Penyakit Yang Muncul Akibat Sering Menahan Kencing. https://merdeka.com/sehat/4-penyakit-yang-muncul-akibat-sering-menahan-kencing.html
  3. Dampak Sering Menahan Air Kencing. https://tipscaraterbaik.com/dampak-sering-menahan-air-kencing.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store