Mencegah Penularan Penyakit

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

220

Penyakit menular dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau organisme lain yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara. Karena penyakit ini dapat dengan mudah ditularkan dari orang ke orang, penyebaran wabah penyakit relatif mudah dalam satu komunitas. Untuk melindungi diri dari penyakit menular, beberapa cara ini patut kita coba.

  1. Mencegah penyakit yang menular melalui udara dengan menutup hidung dan mulut. Penyakit yang menular melalui udara seperti influenza ataupun TBC (tuberculosis) dapat dicegah dengan menutup mulut dan hidung sehingga kuman tidak tersebar melalui udara. Kita dapat menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan menggunakan siku bagian dalam. Jangan gunakanan tangan karena kita sering lupa untuk mencuci tangan setelah batuk atau bersin ke tangan.
  2. Gunakan masker. Selain menutup hidung dan mulut kita juga bisa mencegah dengan memakai masker. Masker sebenarnya berguna bagi mereka yang sedang sakit. Karena makser mencegah persebaran tetes-tetes air (water droplets) yang keluar saat bersin atau batuk.
  3. Menjaga jarak sejauh 2 meter. Apabila tidak ada masker kita sebaiknya menjaga jarak dari yang sedang batuk atau bersin sejauh 2 meter. Karena biasanya tetesan air yang keluar akan jatuh ke tanah dalam jarak itu.
  4. Jaga sirkulasi udara di rumah. Apabila ada yang batuk dan pilek dirumah, sebaiknya sirkulasi aliran udara harus dijaga, dan pastikan pencahayaan sinar matahari dalam rumah bagus, karena sinar ultraviolet dari matahari dapat membantu membunuh kuman seperti virus dan bakteri.
  5. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Cara mudah mencegah penyakit yang menular melalui kontak langsung adalah dengan membiasakan diri untuk cuci tangan. Cuci tangan yang benar adalah dengan air mengalir dan sabun, sebelum dan setelah makan. Membasuh tangan dengan cairan antibakterial atau hand sanitizer hanya akan membunuh bakteri, sementara organisme lain seperti cacing atau kutu tidak akan mati dengan itu.
  6. Gunakan alas kaki. Selain cuci tangan kita juga jangan lupa untuk menggukanan alas kaki apabila berjalan diluar atau menggunakan sarung tangan saat memegang tanah untuk mencegah penyakit yang menular melalui tanah seperti penyakit yang diakibatkan oleh cacing, kutu, protozoa dan lain-lain.
  7. Memasak air dan makanan dengan benar. Air dapat menyimpan kuman dari bakteri hingga cacing. Oleh karea itu pastikan sumber makan dan minuman kita dimasak hingga air mendidih. Sering kita terkena diare atau penyakit tifus dikarenakan makanan atau air yang terkontaminasi.
  8. Laksanakan program 4M untuk mencegah penyakit yang ditularkan nyamuk. 4M ini adalah menutup tempat penyimpanan air, menguras secara rutin tempat penyimpanan air, mengubur barang-barang yang berpotensi menyebabkan genangan air, serta tidak menggantung pakaian yang dapat menjadi sarang untuk nyamuk dewasa.
  9. Hindari berbagi penggunaan barang pribadi bersamaan seperti handuk, pakaian, sisir, pisau cukur, dan sandal untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur atau parasit. (EM/STE)

Sumber:

  1. https://mayoclinic.org/diseases-conditions/infectious-diseases/basics/prevention/con-20033534

https://doktersehat.com/cara-untuk-mencegah-penyakit-menular-berbahaya/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store