Mendengarkan Musik Bikin Anak Dalam Kandungan Lebih Pintar?

342

Musik memiliki efek luar biasa pada kita semua dimana mampu menenangkan emosi kita, itu menyembuhkan rasa sakit kita, menenangkan tubuh dan pikiran kita. Ketika musik memiliki dampak yang besar pada orang dewasa maka seberapa banyak dapat membantu anak-anak? Dan jika dapat membantu anak-anak, apakah juga dapat membantu bayi yang berada di dalam rahim juga?

Berikut Adalah 4 Manfaat Dari Mendengarkan Musik Selama Hamil:

1.      Musik Meningkatkan Kemampuan Mendengar Janin
Meski janin masih terlalu kecil untuk mengerti musik yang didengarnya, namun dengan mendengarkan musik akan membuat janin berespon. Dengan mendengarkan musik maka akan meningkatkan kemampuan pendengaran dan keterampilan berkonsentrasinya. Jika Anda mendengarkan musik secara teratur, maka kemampaun janin berkonsentrasi lebih baik yang secara bertahap meningkatkan kemampuan indra pendengaran nya. Namun, Anda tidak perlu membuat menaruh headphone di perut Anda, karena dengan Anda mendengarkan musik dan merasa santai maka hormon tenang akan diteruskan ke janin dan membantu menenangkan janin.

2.      Musik Dapat Meningkatkan Refleks Janin
Janin tidak mendengarmusik seperti yang Kita lakukan yang ada adalah janin bisa merasakan getaran yang terhubung dari gelombang suara yang Anda dengar saat Anda mendengarkan musik. Sehingga saat Anda mendengarkan musik, janin yang belum lahir Anda juga akan bereaksi, yang akan meningkatkan refleksnya – kekuatan untuk bereaksi terhadap rangsangan eksternal. Ini terjadi karena cairan ketuban merupakan konduktor yang baik

3.      Musik Dapat Menjadi Jembatan Antara Kehidupan di Dalam Rahim dan Kehidupan di Luar Rahim
Penelitian menunjukkan bahwa bayi setelah lahir mengingat suara yang mereka mendengarkan ketika mereka berada di dalam rahim. Ini adalah alasan banyak dokter menyarankan wanita hamil untuk berbicara dengan anak selama kehamilan, untuk memperkuat ikatan dengan janin.
Prinsip yang sama berlaku untuk musik juga. Jika Anda mendengarkan lagu tertentu terus menerus selama masa kehamilan Anda, kemudian setelah lahir, mendengar lagu yang sama akan menenangkan bayi Anda. Seperti lagu pengantar tidur. Ketika bayi Anda berjuang untuk membiasakan bayi Anda dengan lingkungan baru di sekelilingnya, musik yang menenangkan dari masa lalu akan membuatnya tenang.

4.      Musik Bahkan Dapat Membentuk Kepribadian Anak Anda
Sekali lagi, tidak ada keterkaitan langsung antara musik dan alam anak Anda. Tetapi beberapa percaya bahwa jika Anda mendengarkan musik yang menenangkan maka anak Anda akan memiliki kepribadian yang tenang dan jika Anda mendengarkan musik keras dan berat, anak Anda akan memiliki kepribadian agresif. Apa yang Anda pikirkan juga bertanggung jawab atas kepribadian bayi Anda

Apakah Mendengarkan Musik Membuat Janin Menjadi Lebih Pintar?
Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat membuat bayi Anda lebih cerdas, namun dengan merasakan getaran kemudian melatih fungsi pendengaran maka dikatakan musik dapat membuat janin lebih pintar. Selain itu mendengarkan musik dapat membuat ibu merasa tenang dan diharapkan janin juga lebih tenang.
Mendengarkan musik adalah hal yang baik untuk janin namun perlu diingat jangan memutar musik terlalu keras karena bisa membuat janin Anda menjadi cemas. Bila Anda menggunakan headphone yang langsung taruh di perut jangan gunakan lebih dari 2 jam dalam sehari. Anda bisa mendengarkan musik dapat saat jadwal janin Anda tidur, hal ini Anda ketahui dari kapan dia bergerak aktif atau hanya diam.

 

Sumber: beingtheparent