Menerapkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

118

Menerapan gaya hidup sehat memang seharusnya dilakukan sejak dini. Ini agar kebiasaan dalam menerapkan gaya hidup yang sehat dapat terus dilakukan hingga dewasa. Dengan kebiasaan yang ditanamkan sejak usia anak-anak, tidak akan sulit untuk mempertahankannya saat anak sudah dewasa nanti. Ini penting karena gaya hidup sehat akan membawa kita pada keadaan tubuh yang sehat pula, jauh dari penyakit, serta tentunya dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja sehari-hari.

Gaya Hidup yang Mudah Diterapkan untuk Anak

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar gaya hidup sehat dapat diterapkan sejak usia dini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Biasakan anak untuk mengkonsumsi sayur dan buah sedari kecil. Selain itu, berikan makanan yang beragam, jangan hanya satu jenis saja tiap harinya. Buat variasi makanan tiap hari agar anak tidak bosan dan terbiasa menyantap aneka jenis makanan yang berbeda.
  2. Biasakan pula untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup.
  3. Kurangi penggunaan penyedap rasa pada masakan. Batasi pula konsumsi jajanan yang banyak mengandung MSG untuk dikonsumsi anak.
  4. Bekali anak ke sekolah dengan makanan buatan rumah agar anak tidak jajan sembarangan di luar.
  5. Jika perlu, anak juga bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen khusus agar dapat menguatkan daya tahan tubuh. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Selain cara-cara di atas, penting juga untuk menanamkan kesadaran pada anak sejak dini. Contohnya adalah membiasakan cuci tangan sebelum makan dan setelah dari kamar mandi ataupun setelah memegang binatang. Kebiasaan baik ini harus diajarkan dan dicontohkan sendiri oleh orangtua agar anak bisa meniru dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan pada anak mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar tidak mudah tertular penyakit. Dengan pemahaman yang ditanamkan sejak dini dan dibarengi dengan praktek langsung secara konsisten, penerapan gaya hidup sehat akan terbawa sampai anak dewasa. Saat anak sudah dewasa, akan mudah baginya untuk mempertahankan gaya hidup yang dimulai sejak usia dini ini.

Gaya hidup sehat ini harus tetap dipertahankan saat seseorang sudah dewasa. Mulai dari mengkonsumsi makanan sehat, menghindari konsumsi rokok dan alkohol, istirahat cukup hingga olahraga secara teratur. Gaya hidup sehat dapat terbentuk dari pola hidup yang sehat sehari-harinya. Ini akan mengantar kita pada hidup yang lebih sehat serta meningkatkan kualitas hidup sehari-hari. Gaya hidup sehat akan menjauhkan kita dari berbagai masalah kesehatan sehingga bisa juga meningkatkan produktivitas serta menghemat biaya karena tidak perlu berobat ke dokter. Sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk menerapkannya sejak dini dengan menggunakan cara-cara yang disebutkan di atas. (SY)

Sumber:

rumahkeluargaindonesia.com/menerapkan-gaya-hidup-sehat-sejak-dini-15254/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store