Mengajari Anak Yang Masih Kecil Untuk Puasa Memang Tantangan. Yuk Atasi Dengan 5 Cara Ini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

246

Mengajarkan puasa dimulai sejak dini adalah hal yang baik. Mengajarkan ibadah sejak dini salah satunya adalah ibadah puasa akan membantu anak untuk lebih mudah menerima nilai dan kebiasan yang ditanamkan sekaligus meyakininya. Selain itu masa anak-anak adalah masa yang sangat menentukan bagi pembentukan kepribadiannya di masa datang.
Maka ada baiknya Anda mengajarkan anak Anda berpuasa sejak dini. Mengajarkan puasa pada anak yang masih kecil mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk membantu Anda maka dibawah ini ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

Berikut tips dalam mengajarkan puasa kepada anak sejak dini:

1.      Mengajarkan makna puasa
Agar anak ingin menjalankan ibadah puasa, maka Anda harus mengajarkan makna puasa seperti tentang apa itu Puasa, berapa lama waktu puasa, apa yang dilakukan saat puasa, apa yang tidak boleh dilakukan saat puasa, bagaimana hukum puasa, apakah anak-anak perlu puasa, kapan anak harus berpuasa dan lain-lain.
Penjelasan yang diberikan harus penjelasan yang mudah dicerna oleh anak dan gunakan bahasa anak agar anak bisa mengerti dengan baik.

2.      Ajarkan berpuasa secara perlahan
Saat baru mengajarkan puasa pada anak, maka ajarkan secara perlahan. Bila waktu berpuasa yang sesungguhnya dari subuh sampai maghrib dimana waktunya bisa sampai 14 jam, maka ajarkan secara perlahan. Misal pada awalnya hanya sampai siang, kemudian tambahkan sejam-sejam setiap harinya. Mengajarkan anak secara perlahan tidak akan membuat anak menjadi kaget. Apabila terlalu dipaksakan justru akan membuat anak menjadi malas untuk mencobanya lagi

3.      Berilah motivasi dan pujian
Untuk membuat anak Anda mau berpuasa maka Anda bisa memotivasi dia dengan memberikan hadiah bila mampu menjalankan ibadah puasa. Tapi ingat hadiah yang diberikan adalah hadiah sederhana yang sesuai dengan kemampuan Anda tidak boleh memberikan secara berlebihan. Apabila berlebihan justru akan mendidik anak menjadi kurang baik. Selain itu bila dia mampu menjalankan ibadah puasa meski tidak penuh, maka Anda tetap boleh memberikan pujian. Cara ini akan membantu anak Anda untuk lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

4.      Mengajak anak bermain
Bila Anda memiliki waktu maka tidak ada salahnya menemani anak Anda bermain. Saat bermain dengan Anda maka akan membuatnya lupa dengan waktu. Lebih baik Anda mengajak bermain anak Anda di dalam rumah, bila keluar rumah bisa saja dia akan kepanasan dan mudah lelah. Bila sudah begini bukan tidak mungkin dia ingin membatalkan puasa.

5.      Mengajaknya mempersiapkan makanan berbuka
Untuk menghabiskan waktu, Anda bisa mengajak anak Anda mempersiapkan makanan saat berbuka. Tanyakan kepadanya dia ingin makan apa saat berbuka nanti, persiapkan makanan kesukaanya. Hal ini akan membuatnya menantikan waktu berbuka karena sudah disiapkan makanan kesukaannya dan tentu membuatnya lupa waktu.
Mengajarkan anak berpuasa membutuhkan kesabaran, perlu Anda ketahui mereka masih anak-anak yang belum terlalu mengerti arti puasa. Jadi cobalah tips diatas dan terus berusaha. Selamat menjalankan ibadah puasa.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store