Mengalami Kencing Manis Bukan Berarti Hidup Anda Berakhir, Ini Anjuran Yang Dapat Diikuti Agar Selalu Sehat

287

Hidup dengan  kencing manis berarti Anda harus mengatur kebiasaan sehari-hari Anda dan merawat diri sendiri. Beberapa orang perlu menurunkan berat badan, sementara yang lain memerlukan kombinasi perubahan gaya hidup. Sepertinya ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Namun dengan usaha yang dilakukan dengan baik maka Anda dapat mengelola kencing manis dan mengontrol kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan Anda:

Turunkan berat badan

Banyak orang yang memiliki kencing manis mengalami kelebihan berat badan. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, Anda tidak sendirian. Mengontrol berat badan dapat membantu mengatur kadar gula darah Anda. Cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi.

Perbanyak makan makanan yang bergizi, seperti:

  • Vitamin, ditemukan dalam buah-buahan dan diperkaya sereal
  • Mineral, ditemukan dalam sayuran dan susu
  • Protein, ditemukan dalam daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Karbohidrat yang sehat, ditemukan dalam sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Lemak sehat, ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, dan susu

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases mengatakan bahwa menurunkan berat badan sekitar 5-7 kg dapat memberikan banyak perbedaan masalah kesehatan.

Kurangi asupan kalori harian Anda dengan cara makan porsi yang lebih kecil, maka Anda bisa mengurangi berat badan. Tentu saja sebelumnya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda dan ahli gizi sebelum memulai program penurunan berat badan.

Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu untuk mengontrol berat badan Anda. Hal ini juga dapat menurunkan risiko komplikasi kesehatan lainnya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Anda harus mencoba untuk melakukan olahraga 30 menit sehari dengan latihan intensitas sedang, 5x dalam seminggu.

Latihan intensitas sedang seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, aerobik, dan berenang.

Jadilah kreatif dan menemukan olahraga yang Anda sukai, misal selancar yang meningkatkan denyut jantung dan menyebabkan Anda berkeringat. Namun sebelumnya Anda memeriksakan diri ke dokter Anda sebelum memulai program olahraga untuk memastikan olahraga tersebut  aman, terutama untuk jantung dan sendi Anda. Jika Anda tidak terbiasa dengan berolahraga secara teratur, mulai secara perlahan-lahan dan kemudian lakukan secara bertahap sampai mencapai target yang Anda inginkan.

Obat

Selain diet dan olahraga, Anda juga harus memperhatikan obat yang diberikan oleh dokter. Obat kencing manis biasanya obat oral dan suntikan insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah. Seringkali, obat akan menurunkan gula darah Anda, dan menjaga agar kadar gula darah Anda tetap normal.

Ada banyak obat berbeda digunakan untuk kencing manis, Anda mungkin hanya perlu satu jenis atau kombinasi dari beberapa jenis obat. Minumlah obat yang diberikan oleh dokter, pelajari cara menyuntik insulin yang tepat, pelajari mengenai efek samping yang mungkin Anda temukan dan beritahukan kepada dokter Anda.

Kesehatan mulut

Memiliki kencing manis biasanya akan meningkatkan risiko masalah pada gigi seperti penyakit gusi. Ketika kadar gula darah Anda terlalu tinggi, Anda mungkin mengalami kesulitan melawan bakteri yang menyebabkan infeksi mulut. Anda juga mungkin memiliki risiko mengalami mulut kering, yang dapat menyebabkan luka sehingga sulit untuk mengunyah makanan.

Oleh karena itu sangat penting untuk menyikat gigi dan flossing. Gunakan sikat gigi yang lembut dan memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur dan pastikan untuk memberitahu mereka bahwa Anda memiliki kencing manis. Dokter gigi Anda mungkin akan memberikan saran lain untuk menjaga gigi Anda tetap sehat.

Memperhatikan kemungkinan terjadinya komplikasi

Saat seseorang mengalami kencing manis maka kemungkinan akan mengalami banyak komplikasi di hampir semua area tubuh Anda. Jadi penting untuk menyadari tanda-tanda tertentu seperti risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau stroke. Temui dokter Anda untuk membantu dengan pemeriksaan seperti kolesterol darah dan tekanan darah Anda.

Kadar gula darah yang tidak terkontrol juga bisa menyebabkan peredaran darah yang buruk sehingga mempengaruhi kesehatan kaki Anda.

Rawatlah kaki Anda dengan mengenakan kaus kaki setiap saat, bahkan di dalam rumah. Periksa kaki Anda apabila ada luka dan usahakan kuku Anda tetap pendek. Pastikan sepatu Anda cocok dan tidak menyebabkan lecet. Gangguan peredaran darah yang buruk juga dapat merusak pembuluh darah di daerah lain, seperti ginjal atau retina mata Anda. Apabila mengalami keluhan segera beritahukan dokter Anda.

Manajemen harian yang harus Anda lakukan apabila Anda memiliki kencing manis, mungkin akan terasa merepotkan pada awalnya namun nantinya Anda akan terbiasa dan pastinya mencegah berbagai macam komplikasi yang dapat terjadi.

Sumber: prevention