Mengapa Gusi Anda Berdarah Setiap kali Menggosok Gigi???

247

Gusi Anda sering berdarah, terutama setelah Anda menggosok gigi? Hal ini bukanlah hal yang normal. Gusi berdarah biasanya merupakan gejala dari gangguan gusi seperti peradangan gusi (gingivitis).

Peradangan gusi terjadi akibat penumpukkan bakteri dan plak pada gigi. Gangguan pada gusi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari gigi goyang hingga gangguan jantung.

Selain menggosok gigi terlalu keras, ternyata ada banyak hal lain yang dapat menjadi penyebab berdarahnya gusi Anda seperti di bawah ini.

 

Ada Makanan yang Tertinggal

Bakteri hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk menyebabkan peradangan pada gusi, yang menyebabkan gusi Anda berdarah. Jadi, bila Anda tidak menggosok gigi dengan benar, maka gusi Anda mungkin akan berdarah.

 

Hormon Anda Berfluktuasi

Saat kadar hormon di dalam tubuh Anda sedang berfluktuasi, misalnya saat masa pubertas, hamil, menstruasi, atau menopause; maka Anda akan menjadi lebih sensitif terhadap plak, yang dapat memicu gusi berdarah. Menggunakan obat kumur atau floss gigi setiap hari dapat membantu mencegah dan mengatasi gusi berdarah.

 

 

 

Sedang Stress, Kurang Tidur, atau Makan Sembarangan

Makan sembarangan, suka bergadang, dan stress dapat membuat gusi Anda berdarah. Hal ini dikarenakan ketiga hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan peradangan yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut.oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi diet sehat dan seimbang (terdiri dari protein, vitamin C, dan vitamin D).

 

Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat seperti obat anti depresi dan obat tekanan darah tinggi; dapat membuat mulut menjadi kering. Dan kurangnya air liur di dalam mulut ini dapat memudahkan bakteri berkembang biak. Akibatnya, gusi Anda menjadi merah, membengkak, dan kadangkala berdarah.

 

Menderita Suatu Penyakit Tertentu

Berbagai jenis penyakit kronik seperti diabetes atau penyakit lain seperti leukemia dan hiv, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan gusi membengkak dan berdarah. Jika gusi Anda terus saja berdarah selama lebih dari 2 minggu, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter gigi untuk mencari tahu penyebabnya.

 

.

 

Sumber: foxnews