Mengapa Kanker Paru Banyak Mengenai Orang Dewasa Muda dan Sehat?

190

Ternyata tidak hanya seorang perokok berat atau orang yang sudah berusia lanjut yang dapat mengalami kanker paru. Orang dewasa muda dan sehat serta tidak pernah merokok juga dapat terkena kanker paru.

Gejala kanker paru yang dialami oleh mereka (dewasa muda dan sehat tanpa faktor resiko) biasanya berbeda dengan gejala kanker paru yang dialami oleh seorang perokok kronik. Para ahli masih belum menemukan apa yang menyebabkan terjadinya kanker paru pada orang dewasa muda dan sehat, yang tidak pernah merokok.

Para ahli menduga hal ini mungkin berhubungan dengan perubahan genetika tertentu. Perubahan genetika yang paling sering ditemukan adalah pada EGRF (epidermal growth factor receptor), yang ditemukan pada sekitar 10-15% penderita kanker paru.

Selain EGRF, para ahli juga menemukan adanya mutasi pada ALK, ROS1, BRAF, HER2, MET, RET.

Hanya sekitar 15% penderita kanker paru yang dapat hidup lebih dari 5 tahun. Sebagian disebabkan karena penyakit ini sulit dideteksi pada stadium dini sehingga cenderung terlambat diketahui, terutama pada orang dewasa muda yang tidak pernah merokok.

Para peneliti menemukan bahwa kanker paru tampaknya lebih sering terjadi pada seorang wanita muda yang tidak merokok dibandingkan dengan pria.

Saat ini para ahli masih melakukan penelitian untuk mengetahui apa kesamaan yang dimiliki oleh orang dewasa muda yang terkena kanker paru dan mengapa mereka terkena kanker paru.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan kanker paru. Obat-obatan yang ada saat ini biasanya hanya dapat memperpanjang usia penderita, dari beberapa bulan hingga 5 tahun.

Sumber: sfgate