Mengapa Kurma Identik Dengan Bulan Puasa?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

451

Buah kurma merupakan salah satu makanan yang identik dengan bulan suci Ramadhan. Kurma biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa. Bukan hanya karena manis, tetapi karena ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Mau tahu apa saja manfaatnya? Mari kita simak artikel di bawah ini.

  1. Mengembalikan energi tubuh

Kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa pada buah kurma merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh, sehingga saat berbuka puasa direkomendasikan untuk mengonsumsi buah kurma untuk menjadikan tubuh kembali bugar setelah seharian berpuasa. Namun harus diketahui bahwa penderita diabetes melitus untuk tidak baik mengonsumsi buah kurma karena kandungan glukosa yang cukup tinggi.

  1. Mencegah sembelit

Pada saat berpuasa, beberapa orang mengalami sembelit, hal ini dikarenakan kurangnya kandungan serat dalam diet. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi kurma saat berbuka puasa karena kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan efektif dalam mengatasi sembelit.

  1. Menormalkan keasaman darah

Mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa akan membantu menormalkan keasaman darah karena buah kurma mengandung garam alkalin

  1. Mengontrol nafsu makan saat berbuka puasa

Setelah berpuasa selama 14 jam pastinya perut akan merasakan sangat lapar dan biasanya orang akan melampiaskan nafsu makan dengan makan sepuasnya. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak enak pada perut saat melakukan ibadah setelah berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi kurma terlebih dahulu saat berbuka puasa, dimana kurma kaya akan serat pangan dan gula dalam kurma termasuk karbohidrat kompleks yang dicerna tubuh secara bertahap, maka tubuh tidak akan merasa “kelaparan lagi” dan membutuhkan waktu dalam mencerna buah kaya serat ini sehingga dapat mengendalikan nafsu makan saat berbuka dengan makanan berat.

Nah, setelah membaca manfaat kurma di atas, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya saat berbuka. Selamat berbuka sehat! (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://webkesehatan.com/manfaat-kurma-buka-puasa/
  2. https://bidanku.com/manfaat-mengkonsumsi-kurma-untuk-kesehatan-ketika-buka-puasa/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store