MENGAPA PENDERITA DIABETES SERING MENGELUH PENCERNAANNYA BERMASALAH?

5

Seiring waktu, diabetes dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh. Salah satunya adalah saraf vagus, yang mengontrol seberapa cepat perut kosong. Ketika saraf ini rusak, maka pencernaan Anda akan melambat dan makanan tetap berada di tubuh lebih lama dari yang seharusnya. Kondisi ini disebut gastroparesis. Kondisi gastroparesis bisa membuat Anda merasa mual, muntah dan tentunya hal ini buruk untuk kadar gula darah.

Diabetes, merupakan penyebab paling umum kondisi ini. Kebanyakan orang dengan gastroparesis telah menderita diabetes selama setidaknya 10 tahun dan juga memiliki komplikasi lain yang berkaitan dengan penyakit ini. Untuk lengkapnya simak penjelasan dibawah ini:

Gejala Diabetes Gastroparesis

Berikut beberapa gejala diabetes gastroparesis:

  1. Mulas atau refluks (keluarna isi lambung ke kerongkongan)
  2. Mual
  3. Muntah (dalam kasus yang parah, ini dapat terjadi setiap hari)
  4. Kesulitan mengendalikan gula darah
  5. Merasa cepat kenyang saat makan
  6. Perut kembung
  7. Nafsu makan buruk dan penurunan berat badan
  8. Komplikasi
  9. Makanan yang tinggal terlalu lama di perut dapat merusak dan menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Gejalanya mungkin lebih buruk setelah makan makanan berminyak atau kaya atau banyak makanan berserat tinggi (seperti buah-buahan dan sayuran mentah) atau minum minuman berkarbonasi atau minuman berlemak tinggi.

Pada beberapa orang, gejala sering terjadi; pada orang lain, itu hanya terjadi sesekali. Kondisi ini juga dapat bervariasi dalam intensitas dari waktu ke waktu.

Komplikasi Diabetes Gastroparesis

Gastroparesis dapat menyulitkan pengendalian diabetes. Makanan yang tinggal terlalu lama di perut dapat merusak dan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Makanan yang tidak tercerna dapat mengeras dan membentuk benjolan yang disebut bezoar. Ini dapat memblokir perut dan membatasi apa yang dimakan untuk bergerak ke usus kecil. Muntah juga bisa membuat dehidrasi.

Pengobatan Diabetes Gastroparesis

Meskipun tidak ada obatnya, Anda dapat mengelola gastroparesis dan gejalanya.

  1. Mengontrol gula darah. Tanyakan kepada dokter, untuk penggunaan insulin, dan periksa kadar gula Anda lebih sering.
  2. Juga, bicarakan dengan dokter, apakah Anda harus berhenti atau mengganti obat yang dapat memperburuk gastroparesis. Ini termasuk antidepresan, obat tekanan darah tinggi, dan perawatan diabetes tertentu.
  3. Stimulasi listrik lambung, alat yang diimplantasikan dengan operasi mengirimkan impuls singkat dan berenergi rendah ke perut, untuk membantu melawan mual dan muntah.
  4. Dalam kasus yang ekstrem, mungkin dibutuhkan selang makanan. Dokter bedah akan menempatkan tabung khusus melalui dinding perut langsung ke usus kecil. Anda “makan” makanan cair khusus yang dibuat melalui tabung bukannya makanan melewati perut.

Perubahan Pola Makan

Ketika menderita diabetes, salah satu cara terbaik untuk membantu mengendalikan gejala gastroparesis adalah memvariasikan kapan dan bagaimana Anda makan. Juga, perhatikan tekstur makanannya. Cairan dan hal-hal yang mudah dicerna adalah merupakan makanan yang bagus. Misalnya, pilih saus apel daripada apel utuh. Hindari makanan yang tinggi lemak, yang bisa memperlambat pencernaan. Perhatikan serat, yang membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk diproses. (LM)

Referensi

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., Conditions, S., Problems, S., Disorders, S., Checker, S., Interviews, E., Boards, M., Answers, Q., Guide, I., Doctor, F., Medications, M., Identifier, P., Interactions, C., Drugs, C., Pregnant, T., Management, D., Obesity, W., Recipes, F., Exercise, F., Beauty, H., Balance, H., Relationships, S., Care, O., Health, W., Health, M., Well, A., Sleep, H., Teens, H., Kids, F., Pregnant, G., Trimester, F., Trimester, S., Trimester, T., Baby, N., Health, C., Vaccines, C., Kids, R., Cats, H., Dogs, H., Know, P., Risk?, C., Cancer, B., Less Sleep, M., For?, I., Boards, M., Blogs, E., Center, N. and Guide, T. (2019). Gastroparesis and Diabetes. [online] WebMD. Available at: https://webmd.com/diabetes/type-1-diabetes-guide/diabetes-and-gastroparesis#1-2 [Accessed 31 Jan. 2019].

dLife. (2019). Diabetic Gastroparesis | Symptoms, Complications and Treatment – dLife. [online] Available at: https://dlife.com/diabetic-gastroparesis-symptoms-complications-treatment/ [Accessed 31 Jan. 2019].