Mengapa Tidur Penting Bagi Kesehatan?

121

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa tidur yang nyenyak dan cukup di malam hari sangat penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, baik kesehatan fisik dan mental. Akan tetapi, apakah Anda sudah menjalankannya atau justru selalu kurang tidur setiap harinya?

Apa sebenarnya yang membuat tidur sangat penting bagi kesehatan manusia? Hal ini dikarenakan tidur dapat membantu otak manusia untuk beristirahat. Selain itu, tidur yang cukup juga akan membuat proses belajar Anda menjadi lebih mudah. Orang yang cukup tidur juga akan lebih jarang merasa stress dan depresi.

Dari segi fisik, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur berhubungan dengan meningkatnya resiko gangguan jantung, obesitas, dan berbagai penyakit lain.

 

Berapa Lama Waktu Tidur yang Diperlukan?

Lama tidur yang biasanya diperlukan oleh orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malamnya. Akan tetapi, lama tidur ini dapat sedikit berbeda-beda pada setiap orang dan biasanya akan berkurang seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang.

Bayi baru lahir biasanya membutuhkan sekitar 16-18 jam setiap harinya, anak pra sekolah membutuhkan sekitar 11-12 jam setiap harinya, anak usia sekolah membutuhkan setidaknya 10 jam setiap harinya, anak remaja biasanya membutuhkan sekitar 9-10 jam setiap harinya, dan orang dewasa (termasuk orang lanjut usia) biasanya membutuhkan 7-8 jam setiap harinya.

Lalu apakah Anda dapat menebus waktu tidur Anda yang kurang? Sayangnya tidak bisa. Bahkan saat Anda tidur lebih lama dan lebih banyak saat akhir pekan atau saat libur, “kelebihan” waktu tidur ini tidak dapat menebus waktu tidur Anda yang kurang sebelumnya.

 

Bagaimana Membuat Lingkungan Sekitarku Lebih Nyaman Untuk Tidur?

Salah satu cara untuk membuat Anda dapat tidur lebih awal setiap malamnya adalah dengan membuat diri Anda merasa lebih nyaman di dalam kamar tidur Anda. Caranya adalah:

  • Ingatlah bahwa kamar tidur Anda diperuntukkan untuk tidur, bukan untuk menonton televisi atau bermain
  • Pastikan kamar Anda cukup gelap
  • Pastikan suhu kamar Anda sesuai, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas
  • Pastikan kamar Anda tidak berisik

Setelah Anda melakukan berbagai hal rutin yang biasa Anda lakukan sebelum tidur dan mematikan lampu, berikan waktu 20 menit bagi diri Anda untuk tertidur. Bila Anda tidak dapat tertidur, bangunlah dari atas kasur Anda dan bacalah buku. Jangan tetap berbaring di atas kasur Anda dan menonton televisi. Saat Anda kembali merasa mengantuk, kembalilah ke kamar Anda dan cobalah tidur kembali.

Bagaimana TV dan Telepon Genggam Mengganggu Tidur?

Layar dari berbagai alat elektronik dapat mengganggu tidur Anda. Oleh karena itu, matikan semua alat elektronik Anda. Hal ini dikarenakan cahaya yang memancar dari alat elektronik Anda dapat mengganggu irama sikardian (“jam” tubuh Anda) dan membuat tubuh Anda tidak dapat membedakan siang dan malam.

 

Apakah Baju yang Kukenakan Saat Tidur Juga Berpengaruh?

Sebenarnya pakaian apa yang Anda kenakan saat tidur tidak terlalu berpengaruh, akan tetapi pastikan Anda selalu menggunakan pakaian yang nyaman.

 

Makanan dan Minuman Apa Saja yang Dapat Mengganggu dan Membantu Tidurku?

Kafein dan alkohol merupakan 2 hal yang dapat mengganggu tidur nyenyak Anda. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi keduanya berdekatan dengan waktu tidur.

Sementara itu, teh (teh herbal dan teh chamomile) dan susu hangat merupakan minuman yang dapat membantu Anda tidur dengan lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan susu mengandung asam amino triptofan, yang telah diketahui dapat membuat Anda merasa mengantuk.

Sumber: livestrong