Mengatasi Anak Susah Makan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

225

Anak susah makan” merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu. Ada anak yang menutup mulutnya saat disuapi makanan atau hanya mau makan satu jenis makanan selama berhari-hari. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan hingga bundapun stress.

Saat anak berusia 6 bulan, anak diberikan makanan padat pendamping ASI. Mulai dari memberikan bubur susu, sari buah, lalu bertahap ke tekstur makanan yang lebih padat seperti nasi tim dan seterusnya. Namun, proses ini kadang tak berjalan mulus, ada beberapa hal yang membuat anak susah makan. Ketika menginjak usia satu tahun, pertumbuhan anak melambat  daripada masa sebelumnya. Tentunya hal ini juga menurunkan selera makan. Masalah susah makan biasanya berupa menolak makanan, tidak suka sayur, hanya mau makan yang itu-itu saja (picky eater), atau mengemut makanannya berlama-lama. Sering orang tua menyikapi secara keliru dan menimbulkan suasana yang kurang menyenangkan bagi semuanya. Maka dari itu sebagai orang tua harus lebih teliti dalam  melihat kondisi anak.

Apa saja yang mungkin menjadi penyebab anak sulit makan?

Faktor fisik dan psikologis. Faktor fisik termasuk gangguan pencernaan atau infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak, yang dapat dipicu oleh hubungan orangtua yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.

Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Picky eater

Bagi anak yang berusia di bawah tiga tahun, makanan padat adalah hal baru. Dibutuhkan waktu supaya anak terbiasa dengan bermacam-macam rasa, warna, dan tekstur makanan. Terkadang ada anak yang hanya mau makan satu jenis makanan saja selama beberapa hari bahkan hingga hitungan minggu. Biasanya hal ini disebabkan karena anak tertarik dengan makanan yang rasanya sudah dia kenali.

Cara mengatasinya:

Tetaplah tenang dan tawarkan pilihan makanan lain, namun bukan dengan cara paksa. Bagi anak yang sudah lebih besar, bunda bisa mengajak ke supermarket dan meminta dia untuk memilih dua jenis sayur atau buah, dan satu jenis camilan. Saat tiba di rumah, ajaklah dia menyiapkan makanan sebelum mengonsumsinya.

  1. Tidak mau makan

Kadang anak bisa menghabiskan makanan yang disediakan oleh orang tua pada hari pertama, namun keesokan harinya anak bisa saja tidak mau makan sama sekali.

Cara mengatasinya:

Hitunglah asupannya selama satu minggu sebelumnya. Biasanya orang tua merasa tenang jika asupan makanan anaknya sebenarnya sudah terpenuhi sehingga tidak perlu terlalu keras memaksa anaknya.

  1. Hanya mau Makanan Cepat Saji

Anak suka dengan makanan siap saji karena mengandung gula atau lemak tinggi, dengan kandungan gizi yang rendah. Misalnya: permen, kentang goreng, atau minuman bersoda.

Cara mengatasinya:

Salah satu cara jitu adalah jangan menyimpan makanan cepat saji di rumah. Sediakan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, misalnya melon dengan campuran yogurt, atau jus buah yang dihiasi stroberi dan irisan pisang di atasnya. Bunda bisa juga menyajikan pisang atau ubi yang dikukus sebagai pengganti kentang goreng.

Finally, inilah 7 cara jitu yang dapat bunda terapkan agar anak tidak susah makan

  1. Jangan jadikan setiap waktu makan menjadi ajang pertengkaran
  2. Buat catatan tentang apa saja yang dimakan anak dalam sehari
  3. Sediakan cemilan dengan kalori tinggi seperti: selai kacang, keju, kacang-kacangan
  4. Rencanakan menu lengkap yang berbeda setiap hari
  5. Minta bantuan ayah, atau orang dewasa lainnya yang membuat anak menurut
  6. Berikan contoh pada anak
  7. Jangan membanding-bandingkan anak dengan anak lainnya (LM/CM)

Referensi

  1. Eating disorders: advice for parents. (2018). nhs.uk. https://www.nhs.uk/conditions/eating-disorders/advice-for-parents/
  2. Taylor, C., Wernimont, S., Northstone, K., & Emmett, P. (2018). Picky/fussy eating in children: Review of definitions, assessment, prevalence and dietary intakes.
  3. Tips Mengatasi Anak Susah Makan. (2018). Bidanku.com. https://bidanku.com/tips-mengatasi-anak-susah-makan
  4. 10 Cara Jitu Menghadapi Anak Susah Makan agar dia tidak kelaparan. https://id.theasianparent.com/10-cara-jitu-menghadapi-anak-susah-makan

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store