Mengatasi Bau Badan Pada Wanita

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

22

Bau badan adalah masalah besar bagi seorang wanita. Sebagaian wanita merasa kehilangan kepercayaan diri jika memiliki bau badan yang kurang sedap. Kurang percaya diri ini kemudian dapat menjadi penghambat dalam karier dan kehidupan sehari-hari, serta mengurangi kenyamanan untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitar.

Bau badan adalah hal yang normal. Bau badan secara umum mulai dimiliki oleh seorang perempuan ketika menginjak masa pubertas. Sebelum pubertas, secara umum perempuan memiliki bau yang tidak menganggu. Namun setelah menginjak pubertas, terdapat kenaikan hormon androgen yang aktif. Sebelum pubertas, hormon ini tidak aktif.

Saat bekerja, beraktivitas berat, atau berada di bawah matahari, tubuh akan mengeluarkan keringat. Keringat muncul sebagai suatu mekanime tubuh untuk menurunkan suhu tubuh. Bau badan muncul bukan dari keringat, karena secara umum keringat tidak berbau.. Bau badan muncul dari bakteri yang menggunakan keringat sebagai tempat berkembang biak, dan bakteri berkembang biak dengan sangat cepat. Bau  tidak sedap yang tercium merupakan hasil dari bakteri yang memecah keratin protein yang terdapat di kulit.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bau badan yang berlebihan, di antaranya adalah:

  • Memakai deodoran di malam hari sebelum tidur. Hal ini memberikan kesempatan deodoran untuk bekerja dan melindungi diri dari bau tubuh saat tidur dan tidak berkeringat. Jika deodoran digunakan setelah mandi di pagi hari, deodoran tidak akan mempunyai waktu untuk bekerja dan deodoran akan hilang oleh keringat yang muncul. Gunakan deodoran yang mengandung zat antiprespirasi. Zat ini dapat membantu mengurangi keringat yang berlebihan. Deodoran juga bekerja dengan cara menutupi bau keringat dengan wewangian.
  • Jaga bagian-bagian tubuh yang mudah berkeringat seperti ketiak tetap kering. Bakteri lebih susah untuk tumbuh dan berkembang biak di tempat-tempat yang kering.
  • Gunakan campuran cairan peroksida dan air untuk membasuh bagian-bagian tubuh yang rentan keringat. Peroksida adalah zat yang ampuh untuk membunuh bakteri. Namun karena sifatnya yang toksik, zat ini harus diencerkan dalam air bersih. Gunakan satu sendok teh peroksida untuk sekitar delapan ons air. Gunakan cairan ini untuk membersihkan bagian-bagian yang rentan berkeringat seperti ketiak dan kaki menggunakan lap bersih.
  • Jika keringat muncul karena sering berolahraga, cucilah pakaian olahraga dengan teratur. Pakaian olahraga yang tercampur keringat merupakan tempat berkembang yang baik untuk bakteri.
  • Hindari makanan-makanan yang berlemak, berminyak atau memiliki bau-bau yang kuat seperti bawang putih, kari, dan bawang bombai. Makanan ini dapat mempengaruhi bau yang keluar dari tubuh. Namun selalu lakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan diet yang tepat.

Bau badan merupakan hal yang menganggu dan dapat menghambat kehidupan seorang perempuan. Bau badan muncul bukan dari keringat, namun dari bakteri yang memecah protein keratin. Bau badan dapat dikurangi dengan memakai deodoran di malam hari, menjaga tubuh tetap kering, dan menghindari makanan-makanan berlemeak dan berbau menyengat. Bau badan dapat dikontrol, asalkan menggunakan cara-cara yang telah disetujui oleh dokter. Penting untuk memiliki bau badan yang baik untuk menunjang kehidupan yang lebih bahagia. (RPG)

Sumber

GARDNER, Stephanie. 2017. WebMD. [online]. [Accessed 16 November 2018]. Available from World Wide Web: <https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/preventing-body-odor#1>

NHS. 2016. NHS. [online]. [Accessed 16 November 2018]. Available from World Wide Web: <https://www.nhs.uk/conditions/body-odour/>


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store