Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

546

“Din…bibirmu pucet banget tuh…pakai Lipstick gih…

“Engga ah, aku suka ga PD kalau pakai lipstick, bibirku pecah-pecah, udah gitu rasanya perih banget”

Bibir yang pecah-pecah bukan hanya menganggu penampilan, tetapi juga terasa nyeri dan menganggu aktivitas. Banyak orang yang mengira bibir pecah-pecah hanya akan muncul pada saat musim kemarau, padahal keluhan ini bisa saja datang pada musim penghujan.

Sebenarnya apa sih penyebab bibir pecah-pecah? Begini prosesnya, bibir kita memiliki kondisi yang “unik” dibandangkan bagian tubuh yang lain. Mengapa demikian? Hal ini karena bibir tidak dibekali oleh kelenjar minyak untuk menjaga kelembabannya. Oleh karena itu paparan terhadap sinar matahari atau rendahnya kelembapan udara dapat membuat bibir kita kering. Sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk menjilati bibir jika terasa kering, padahal hal terebut tidak dianjurkan, karena justru akan membuat kondisi pecah-pecah pada bibir semakin parah. Lalu apa yang harus dilakukan jika kita menderita bibir pecah-pecah?

  1. Jangan biasakan menjilat bibir

Jika bibir kita basahi dengan air liur kita, cepatnya air liur menguap menyebabkan bibir mengalami kondisi yang lebih kering.

  1. Gunakan lip balm

hal ini sangat membantu untuk melindungi bibir, terutama jika kita berakitivitas di luar ruangan.

  1. Hindari bahan kosmetik/lipstick yang memicu alergi
  2. Banyak minum air putih untuk mebuat tubuuh dan bibir kita tetap terhidrasi
  3. Bernapaslah melalui hidung, karena kebiasaan bernapas melalui mulut akan memperburuk kondisi bibir yang pecah-pecah.
  4. Jangan konsumsi makanan yang pedas dan asam. Makanan yang pedas dan asam akan mebuat bibir iritasi.

Bibir pecah-pecah dapat sembuuh sendirinya, akan tetapi jika gejala terus timbul dan tak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi dengan dokter anda. (EDA/CM) 

Sumber :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store