Mengatasi Ngompol Pada Usia Lanjut

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

403

Bila seorang anak mengompol pasti dianggap hal yang biasa, namun bagaimana bila yang mengompol adalah orang dewasa dan lanjut usia? Tentunya kondisi ini sering membuat penderitanya malu dan tentu saja membutuhkan penanganan medis. “Ngompol” atau yang dalam dunia medis dikenal dengan Inkotinensia Urine adalah ketidakmampuan untuk menahan keinginan untuk berkemih/kencing sedemikian rupa sehingga terjadi keluarnya urin/air kencing dengan tidak diinginkan. Sekitar 1 dari 3 orang usia lanjut memiliki masalah ini, dan frekuensi pada perempuan 2 kali lebih banyak daripada pria. Walaupun banyak dijumpai pada lansia namun masalah tersebut tidak dapat dianggap sebagai bagian normal dari proses penuaan.

Ada beberapa jenis pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi mengompol. Secara umum, pilihan pengobatan dibagi menjadi 4 bagian yaitu, penanganan tanpa obat, menggunakan obat, penggunaan alat dan pembedahan.

Penanganan tanpa obat yang dilakukan adalah latihan otot dasar panggul (senam kegel). Seperti halnya pada perempuan latihan otot dasar panggul sangat berperan. Biasanya setelah 2 bulan melakukan latihan kegel yang benar dan rutin, akan mulai dirasakan suatu perbaikan dalam mengontrol keluarnya urin/air kencing. Cara alami lain yang dapat dilakukan adalah mengatur waktu berkemih, mengurangi berat badan, mengurangi konsumsi alcohol, serta mengurangi konsumsi kafein.

Apabila ada orangtua atau kerabat Anda yang mengalami gejala serupa, coba berikan saran di atas. Berikan support karena mereka seringkali merasa minder karenaa keluhan ini. Apabila keluhan masih berlanjut, dampingilah mereka untuk berkonsultasi dengan dokter. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Rasyid N. Inkontonensia Urin Lebih Banyak Pada Laki-Laki Usia Lanjut. Dalam : Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita. Edisi 06 Tahun III. Juni 2008.
  2. Setiati S. Sudah Dewasa Masih tetap Mengompol? Dalam : Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita. Edisi 06 Tahun III. Juni 2008

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store