Mengelola Stres Di Tempat Kerja

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

245

Terdapat dua faktor penyebab stres kerja, yaitu faktor lingkungan kerja dan faktor personal (Dwiyanti, 2001:75). Faktor lingkungan kerja dapat berupa kondisi fisik, manajemen kantor, maupun hubungan sosial di lingkungan pekerjaan. Sedangkan faktor personal bisa berupa tipe kepribadian, peristiwa atau pengalaman pribadi, maupun kondisi sosial-ekonomi keluarga.

Stres kerja dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti: depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola stres di tempat kerja dengan baik:

  1. Ciptakan lingkungan kerja yang baik

Sebaiknya mulailah dengan membangun komunikasi yang baik antar karyawan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi merupakan jembatan bagi para karyawan dalam membangun sebuah kerjasama yang kokoh. Bila komunikasi antar karyawan berjalan lancar, maka keharmonisan tim akan terus terjaga dan hubungan pertemanan akan semakin erat, sehingga antara karyawan satu dengan yang lain akan saling berbagi dan bahu membahu untuk menyelesaikan semua permasalahan kerja yang ada.

  1. Mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan

Sebelum Anda mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan Anda, sebaiknya tentukan terlebih dahulu apa sumber dari permasalahan tersebut. Saat Anda merasa tidak mampu untuk menyelesaikan permasalahan sendiri jangan coba-coba untuk memaksakan keadaan. Ketika Anda merasa sendiri dan tidak tahu harus berbagi masalah dengan siapa lalu memendam perasaan sedih atau takut sendirian, Anda bisa menjadi semakin stres. Anda bisa memilih dengan siapa Anda lebih nyaman bercerita, misalnya dengan orang tua, teman kerja, atau bahkan dengan atasan Anda. Namun jika Anda memang mempunyai masalah yang sangat berat dan merasa lebih nyaman konsultasi dengan psikiater, maka Anda bisa berkonsultasi dengan psikiater karena setiap stres yang dihadapi seseorang tentu berbeda-beda. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda menceritakan masalah yang sedang Anda hadapi untuk mendapatkan solusi terbaik sehingga perasaan Anda menjadi lebih lega dan membaik.

  1. Dukungan sosial

Hampir setiap hari Anda mengerjakan tugas kantor yang sama dan di ruangan yang sama pula? Hal ini tentunya akan menimbulkan kejenuhan pada diri Anda apabila Anda tidak nyaman dengan lingkungan kerja Anda. Oleh karena itu ciptakan lingkungan kerja yang baik tentunya dengan menciptakan ruang kerja yang senyaman mungkin. Orang-orang di tempat kerja Anda dapat memiliki dampak besar pada tingkat kenyamanan. Banyak terjadi ditempat kerja yang karyawannya mengalami stres dan banyak mengeluh akibat lingkungan kerja yang tidak kondusif dan tugas kantor yang terlalu berat. Sebaliknya, bergaul lah dengan orang-orang yang mendukung, santai, dan menyenangkan. Sekelompok besar rekan kerja Anda juga dapat membantu meringankan beban kerja yang berat atau hanya memberikan dukungan moral. Karena dukungan sosial orang-orang disekitar Anda sangat berperan dalam mengatasi stres yang Anda alami

  1. Tertawa dan mendengarkan musik

Jika Anda sudah mencapai titik jenuh dan mulai bosan menghadapi pekerjaan-pekerjaan di kantor maka luangkanlah waktu sejenak untuk tertawa. Tertawa bisa membuat kita menjadi lebih rileks dan sangat membantu didalam menurunkan tingkat stres. Cobalah dengan menonton video-video lucu untuk sebentar agar Anda bisa tertawa, tetapi jangan sampai lupa waktu karena Anda bukanlah sedang dirumah tetapi dikantor.

  1. Istirahat sejenak dan refreshing

Yang terpenting untuk mengatasi stres dikantor yaitu dengan cara beristirahat. Apabila anda sudah merasa sampai pada titik jenuh ketika melakukan pekerjaan dikantor maka cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Anda bisa beristirahat dan berjalan ke kantin sambil minum kopi, berbincang, atau juga bisa melakukan meditasi selama 5 menit. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi stres dikantor.

Anda juga bisa meluangkan waktu untuk berlibur dengan mengambil jatah cuti Anda. Dengan berlibur, Anda akan merasa jauh dari segala rutinitas dan deadline yang biasanya selalu menghantui keseharian Anda. Perasaan Anda akan menjadi lebih senang dan nyaman selama berlibur. Setelah berlibur Anda akan merasakan kepuasan dan merasa baru lagi dalam menjalankan pekerjaan. (EDA)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store