Mengenal Alzheimer Lebih Dekat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

218

Alzheimer merupakan penyakit saraf yang ditandai dengan mulai menurunnya daya ingat, kemampuan berfikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang terjadi secara perlahan-lahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak seiring berjalannya waktu. Gejala awalnya adalah mudah lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui, lupa isi percakapan yang belum lama dibicarakan dengan orang lain, serta lupa nama tempat dan benda yang ada disekitarnya.

Seiring berjalannya waktu, penderita akan mengalami kesulitan melakukan percakapan, kerap terlihat bingung, sering merasa cemas, dan perubahan suasana hati yang drastis sehingga tidak mampu lagi melakukan aktivitas yang biasanya dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Pada fase lanjut, penderita bahkan tidak ingat nama keluarga maupun teman terdekatnya. Hingga saat ini belum diketahui penyebab secara pasti dari penyakit Alzheimer ini. Namun para ahli percaya bahwa kebanyakan orang yang menderita penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan atau faktor genetik, gaya hidup dan kondisi jantung, faktor usia, faktor lingkungan dan riwayat cedera pada kepala.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun dokter akan memberikan obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Dokter akan memberikan obat seperti Cholinesterase inhibitor (misalnya Donepezil), Memantine, hingga obat penenang yang akan membantu mengurangi kecemasan, depresi, mudah marah, dan masalah perilakulainnya.

Penderita Alzheimer sangat susah untuk mengingat sesuatu, jadi disarankan bagi anda yang memiliki orang tua atau keluarga yang menderita penyakit Alzheimer untuk tidak mengubah lingkungan disekitarnya. Anda dapat meletakkan benda-benda penting dalam hidup si penderita di tempat yang sama setiap harinya. Bahkan anda dapat menulis berbagai informasi dan memasangnya di beberapa tempat dirumah untuk membantu penderita mengingat dengan hal-hal penting tersebut.

Bagi anda yang memiliki orang tua atau anggota keluarga yang memiliki resiko penyakit Alzheimer, sebaiknya anda melakukan pencegahan sejak dini. Anda dapat mencegahnya dengan menjaga berat badan tetap sehat, mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi tinggi, rutin berolahraga, berhenti merokok, hindari konsumsi alkohol dalam jumlah yang besar, menjaga otak agar tetap aktif bekerja dengan cara membaca, menulis, dan lain sebagainya, serta rutin memeriksakan diri ke dokter. (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://hellosehat.com/penyakit/penyakit-alzheimer-adalah/
  2. https://klikdokter.com/penyakit/alzheimer

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store