Mengenal Benjolan Pada Tubuh

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

144

Setiap orang pasti khawatir jika menemukan sebuah benjolan ditubuhnya. Adanya benjolan identik dengan adanya tumor yang membahyakan. Akan tetapi, tunggu dulu, sebelum kita khawatir berlebihan, ada baiknya tetap kita periksakan ke dokter terdekat, karena tidak semua benjolan pada tubuh ternyata berbahaya bagi tubuh. Meskipun tidak sedikit pula yang merupakan keganasan. Berikut adalah beberapa benjolan pada tubuh yang sebaiknya tidak terlalu kita khawatirkan:

  • Lipoma

Secara medis lipoma adalah pertumbuhan yang berlebihan pada jaringan lemak di bawah kulit. Lipoma bisa muncul di bagian tubuh layaknya leher, lengan, ketiak, punggung hingga paha. Meskipun hanya pertumbuhan berlebihan lipoma terkadang tumbuh dengan ukuran sangat besar dan cukup padat dan kenyal. Lipoma tidak menyebabkan rasa nyeri. Bila dibandingkan dengan warna kulit sekitar, kulit lipoma tidak memiliki perbedaan warna. Dokter biasanya akan menyarankan pembedahan minor untuk menghilangkan benjolan lipoma.

  • Abses

Abses muncul karena nanah telah berkumpul pada sebuah titik di bawah kulit. Selain daerah ketiak, abses akan mudah muncul di sekitar tulang ekor. Abses biasanya disebabkan karena adanya infeksi baik virus maupun bakteri.  Abses atau yang biasa disebut penyakit bisul juga dapat disebabkan oleh gigitan atau cairan tubuh serangga. Abses sendiri cenderung mudah ditemui pada penderita kencing manis dan bisa memberikan rasa nyeri. Selain rasa nyeri, abses juga menyebabkan warna kulit berubah dibanding dengan warna kulit disekitar benjolan. Biasanya abses ini berwarna lebih kemerahan dibanding sekitarnya. Yang menjadi masalah adalah, abses bisa terus membesar dan jika pecah, maka darah dan nanah bisa keluar dengan jumlah yang sangat besar. Nanah dan darah yang keluar dari abses yang pecah apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan kerusakan baru pada kulit. Sehingga muncul abses-abses yang baru. Kita tentu harus memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat bagi abses ini.

  • Kista atheroma

Kista atheroma akan muncul pada jaringan keringat yang telah terinfeksi. Meskipun bernama kista, benjolan ini ternyata tidak ganas. Kista atheroma berbentuk layaknya kapsul dimana dari kapsul ini adalah cairan layaknya darah atau nanah. Kista atheroma bisa muncul pada wajah, leher, hingga area punggung. Benjolan kista atheroma cenderung akan memiliki puncak berupa bintik hitam dan jika pecah, maka isi dari benjolan ini akan berwarna kekuningan yang kental dan berbau khas.

Jika ada benjolan di tubuh Anda, janganlah cemas, namun jangan pula meremehkan. Cobalah pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih dini sehingga dapat teratasi dengan penanganan yang tepat. (EDA/STE)

Sumber


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store