Mengenal Detak Jantung Normal

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

145

Denyut jantung juga menjadi paramater tingkat kebugaran seseorang. Semakin bugar tubuh Anda maka semakin rendah detak jantung normal Anda. Hal ini dikarenakan kondisi jantung yang sehat dan bugar tidak perlu memompa darah lebih cepat. Inilah yang membuat para atlet memiliki detak jantung normal per menit sebanyak 40 kali.

Detak jantung sama artinya dengan denyut jantung. Detak jantung adalah berapa kali jantung berdenyut dalam satu menit. Pada orang dewasa, jantung berdenyut sebanyak 60-100 kali per menit. Jadi, detak jantung normal adalah detak jantung yang berdenyut sebanyak 60-100 kali dalam satu menit yang dihitung pada saat istirahat. Namun, pada seorang atlet, kebugaran tubuhnya sudah meningkat, jantungnya pun mampu bekerja lebih baik daripada orang normal. Hal ini menyebabkan seorang atlet memiliki detak jantung yang relatif rendah namun masih dapat dikatakan normal, yaitu 40x tiap menit.

Detak jantung normal pada orang dewasa tidaklah sama dengan detak jantung normal pada bayi dan anak-anak pada saat beristirahat. Berikut daftar detak jantung normal permenit saat istirahat:

  1. Bayi 100-160 kali permenit
  2. Anak – anak 60 – 140 kali permenit
  3. Anak diatas usia 10 tahun keatas dan dewasa 60-100 kali permenit

Setiap orang memiliki standar detak jantung normal berbeda-beda. Hal ini pengaruhi beberapa faktor yaitu tingkat aktifitas, suhu udara, emosi, ukuran tubuh dan penggunaan obat. Semakin tinggi aktivitas Anda, maka semakin tinggi pula detak jantung Anda. Pada suhu yang panas pun detak jantung akan meningkat, begitu pula bila Anda sedang berada dalam keadaan yang emosi.

Anda dapat menghitung sendiri detak jantung Anda dengan caranya sebagai berikut.

  1. Tempatkan ujung telunjuk dan jari tengah tangan kanan di sisi telapak pergelangan tangan kiri (atau sebaliknya), tepat di bawah pangkal jempol. Atau, tempatkan ujung telunjuk dan jari ketiga di leher bagian rahang bawah Anda di salah satu sisi tenggorokan Anda. Jangan gunakan ibu jari karena ibu jari memiliki denyut ringan yang dapat membingungkan Anda saat menghitung.
  2. Tekan lembut jari Anda sampai Anda merasakan denyut nadi di bawah jari Anda. Anda mungkin perlu memindah-mindahkan jari ke sekitarnya sampai Anda benar-benar merasakan denyut.
  3. Hitung denyut nadi Anda dalam 15 detik. Kalikan hasilnya dengan 4 untuk mendapat angka denyut nadi istirahat anda per menit. Anda dapat menghitung denyut nadi Anda tiga kali, kemudian mengambil rata-rata dari ketiganya untuk benar-benar yakin.

Untuk mendapatkan detak jantung yang normal, anda melakukan beberapa hal dirumah seperti olahraga teratur, Hindari emosi dan perasaan tertentu, Hindari merokok, Menjaga pola makan, Turunkan berat badan jika Anda merasa perlu dan Kelola masalah kesehatan lain yang mungkin Anda miliki, misalnya tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://mediskus.com/dasar/detak-jantung-normal

hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-hitung-detak-jantung/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store