Mengenal DM Tipe 1

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

132

Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah. Berbeda dari diabetes tipe 2 yang terjadi akibat sel tubuh menjadi kebal atau tidak responsif terhadap hormon insulin, diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh kurang atau sama sekali tidak memproduksi insulin. Akibatnya, penderita diabetes tipe 1 memerlukan tambahan insulin dari luar.

Normalnya, kadar gula dalam darah dikontrol oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Ketika makanan yang masuk ke tubuh dicerna dan masuk ke aliran darah, insulin akan mengikat gula dalam darah dan membawanya masuk ke sel untuk diubah menjadi energi. Selain untuk digunakan menjadi energi, insulin juga membantu untuk memasukkan gula dari darah ke dalam sel untuk disimpan.

Pada penderita diabetes tipe 2 atau kencing manis, sel tidak sensitif lagi pada insulin, sehingga tidak peduli seberapa banyak insulin dalam tubuh, gula tidak dapat dimasukkan ke dalam sel. Sedangkan pada diabetes tipe 1, insulin memang tidak diproduksi, sehinga tidak ada hormon yang mengatur kadar gula dalam darah.

Tanpa insulin yang memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel, tubuh tidak dapat mengolah energi. Akibatnya, tubuh akan terus merasa kurang energi yang terwakili dengan perasaan lapar dan haus terus menerus. Bila keadaan dibiarkan, tubuh akan memecah energi dari cadangan seperti lemak dan otot. Inilah yang menyebabkan, seseorang dengan diabetes memiliki gajala utama yaitu banyak makan dan banyak minum atau selalu lapar dan selalu haus, namun mengalami penurunan berat badan.

Diabetes tipe 1 lebih jarang terjadi dibanding diabetes tipe 2. Diketahui hanya ada 10 persen penderita diabetes tipe 1 dari seluruh kasus diabetes di seluruh dunia. Diabetes tipe 1 lebih sering diidap oleh laki-laki dibandingkan perempuan, terutama seseorang dengan masalah pankreas atau seseorang yang memiliki riwayat anggota keluarga yang juga pernah mengidap diabetes tipe 1. Sering kali dimulai pada usia 4 hingga 7 tahun dan 10 hingga 14 tahun.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang gejalanya secara mendadak dan biasanya terdiri dari:

  • Pandangan yang kabur
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Lebih cepat haus dan lapar
  • Lebih mudah terinfeksi
  • Rasa lelah yang menyerang setiap saat
  • Luka yang lama sembuh
  • Sering merasa kaku atau kesemutan pada kaki anda
  • Berat badan yang semakin menurun

Ada banyak gejala lain yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda mulai merasakan gejala tersebut, konsultasikan segera dengan dokter Anda. (RA/STE)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store