Mengenal Fobia Sosial

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

132

Fobia sosial merupakan ketakuatan menetap terhadap keberadaan orang lain, tanpa diketahui penyebabnya. Orang yang mengalami fobia sosial biasanya orang tersebut tidak menyukai tempat-tempat yang ramai. Selain itu, orang tersebut akan menghindari kegiatan seperti berbicara didepan umum, makan atau menulis didepan umum, bahkan sampai buang air kecil di toilet umum. Hal ini disebabkan karena orang tersebut ketika berada di keramaian, orang tersebut akan mengalami ketakutan apabila dia merasa diawasi atau mendapat penilaian negatif dari orang lain.

Penyebab penyakit ini bermacam-macam diantaranya :

  1. Faktor psikologis kejiwaan

Orang dengan fobia sosial biasanya merasa bahwa dirinya rendah, tidak percaya diri, bermental lemah, dan takut akan penolakan terhadap diri sendiri.

  1. Faktor genetik

Fobia penyakit dapat diturunkan dari keluarganya yang memiliki riwayat fobia sosial. Hal ini diakibatkan oleh ketidakstabilan hormone 5-hidroxytryptamine yaitu hormon yang bertugas untuk menyampaikan informasi ke sel-sel otak.

  1. Trauma pada kejadian dimasa lalu

Kejadian yang pahit dimasa lalu bisa jadi salah satu penyebab utama terjadinya fobia sosial ini. Pasalnya kejadian dimasa lalu yang membuat luka pada hati dan pikirannya, dan akhirnya luka tersebut akan membuat orang tersebut merasa was-was dan takut saat akan bersosialisasi dengan orang lain.

Penderita fobia sosial cenderung bekerja dengan pekerjaan yang jauh di bawah kemampuan dan kecerdasannya akibat rasa ketakutan yang berlebihan. Rasa takut ini bukan hanya sekedar rasa malu terhadap orang lain namun jauh lebih parah dari itu. Hal ini pada akhirnya membuat penderita rela bekerja dengan gaji rendah ketimbang mendapat pekerjaan yang lebih baik, namun setiap hari berhadapan dengan orang lain.

Gangguan ini lebih banyak dialami wanita ketimbang pria. Sebanyak 60 persen penderita fobia sosial adalah wanita. Tidak seperti fobia spesifik, yang sering terjadi pada masa kanak-kanak, fobia sosial biasanya mulai terjadi, selama masa remaja atau dewasa awal.

Orang yang menderita gangguan ini biasanya ditandai dengan tubuh gemetar berlebihan, terutama pada bagian kaki dan tangan, wajah memerah/merona saat bersosialisasi, keringat berlebihan, berbicara terlalu cepat, terbata-bata, hingga gagap, merasa cemas saat berbicara didepan umum, dan mengalami gangguan serangan rasa panik yang berlebihan.

Fobia sosial merupakan penyakit yang dapat diobati dan dikendalikan, sehingga seseorang dengan fobia sosial dapat memiliki kehidupan yang sama seperti orang lain. Biasanya dokter ahli kesehatan jiwa akan memanfaatkan alam bawah sadar Anda untuk menemukan dan melepaskan akar penyebab masalah yang Anda hadapi, sehingga fobia Anda akan terminimalisir.

Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami beberapa gejala seperti diatas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa, karena pengobatan dini pada gangguan ini akan lebih efektif dibandingkan pengobatan yang tertunda. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/apa-itu-social-anxiety-disorder-fobia-sosial/

https://terapipsikologi.com/?fobia-sosial-penyebab-ciri-penyembuhan,124


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store