Mengenal Fungsi Sel Saraf Pusat Pada Manusia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

163

Sistem saraf Anda adalah bagian utama dari tubuh yang membantu Anda melakukan segala sesuatu seperti memungkinkan Anda untuk menulis, mengambil barang-barang, dan bahkan membaca seperti sekarang ini! Ketika saraf merasa sesuatu yang terjadi pada tubuh Anda, ia akan mengirimkan pesan ke otak Anda memberitahu otak Anda bagaimana merasakan.  Otak adalah pusat kendali utama tubuh. Otak Anda adalah bagian utama dari sistem saraf.

Dalam tubuh manusia ada banyaknya jaringan dan sel yang ada dalam sistem saraf. Dalam istilah medis, kerap di sebut sebagai sel neuron. Sel inilah yang nantinya akan mengirimkan sinyal atau informasi ke seluruh tubuh manusia. Jika di lihat dari fungsinya, sel neuron atau sel syaraf pusat dibagi menjadi empat, yakni:

  1. Sel sensoris

Sel saraf sensorik yaitu suatu sel saraf yang mempunyai fungsi untuk menerima suatu rangsangan yang datang kepada tubuh atau panca indra dan dirubah menjadi impuls (rangsangan) saraf, dan meneruskannya ke otak. Badan sel saraf ini bergerombol untuk membentuk ganglia, akson pendek, dan dendritnya panjang.

Contohnya adalah ketika permukaan kulit kita menyentuh obyek atau benda. Lalu  sel neuron sensoris akan mengantarkan informasi atau sinyal mengenai jenis obyek tadi ke saraf pusat. Jika kasusnya adalah menyentuh dengan sengaja, maka pusat otak yang akan menganalisis dan mengartikan rangsangan tadi. Kemudian sistem syaraf pusat akan mengartikan informasi tadi. Memerintah mata untuk mengamati benda apa yang di lihat, serta mengartikan rangsangan yang bawa kulit untuk mengindentifikasi ciri cirinya. Setelah itu, memerintah mulut untuk menjawab obyek apa yang sedang di pegang atau di sentuh tadi.

  1. Sel motoris

Sel saraf motorik yaitu suatu sel saraf yang mempunyai fungsi untuk membawa impuls saraf dari pusat saraf (otak) dan sumsum tulang belakang menuju otot. Sel saraf ini mempunyai dendrit yang pendek dan akson yang panjang. Sel ini berhubungan dengan pergerakan manusia. Yakni gerakan refleks yang berasal dari anggota tubuh kita. di maksud refleks adalah terjadinya gerakan secara tidak sengaja, atau tidak sadar melakukan pergerakan tersebut.

Contohnya adalah saat kita melihat sesuatu benda jatuh. Bukan sekedar jatuh ke bawah, namun berpotensi untuk jatuh mengenai tubuh kita. Maka  secara refleks, sel motoris ini akan mengirimkan sinyal atau informasi kepada saraf pusat. Yakni  untuk mengomando diri kita agar menghindar. Supaya tidak terkena benda yang jatuh tadi. Maka kecelakaan bisa di hadang.

3. Sel penghubung

Sel saraf penghubung yaitu suatu sel saraf yang banyak terdapat di dalam suatu otak dan sumsum tulang belakang. Neuron (sel saraf) tersebut mempunyai fungsi untuk menghubungkan atau meneruskan impuls (rangsangan) dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik.

4. Neuron adjustor

Fungsi utama dari syaraf sensoris ini hanya memberi tahu apa yang akan terjadi. Untuk itu di perlukan syaraf motorik dalam perjalanannya. Guna dari syaraf motorik ini adalah sebagai sarana untuk menghidari dri dari bahaya yang mungkin terjadi.

Itulah penjelasan tentang bagian dari saraf dan fungsinya bagi tubuh manusia. Sebaiknya anda menjaga kesehatan saraf anda, agar anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang timbulkan akibat kelainan dari system saraaf tersebut. (RA)

Daftar pustaka

  1. https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-saraf/jenis-jenis-penyakit-syaraf
  2. https://gurupendidikan.co.id/sistem-saraf-manusia-pengertian-bagian-dan-fungsinya-secara-lengkap/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store