Mengenal Gigi Susu

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

277

Gigi susu merupakan gigi sementara yang akan mengalami pergantian dengan gigi permanen atau gigi dewasa. Gigi susu pada umumnya tumbuh ketika anak berusia antara 6 bulan hingga 2 tahun. Walaupun demikian ada juga bayi yang mulai tumbuh kurang dari usia 6 bulan.

Ketika anak berusia antara 6-7 tahun gigi seri dewasanya mulai tumbuh secara bertahap dan umumnya berakhir ketika gigi geraham dewasa tumbuh di antara usia 12 – 13 tahun, walaupun ada juga tidak mengalami tumbuhnya geraham paling belakang walaupun usianya sudah dewasa. Peralihan antara gigi susu dan gigi dewasa mau tidak mau harus melalui proses tanggalnya gigi susu, karena harus ada ruang bagi gigi dewasa.

Gigi anak umumnya akan mulai tumbuh di usia 6 bulan. Biasanya, gigi susu pertama yang muncul adalah dua gigi seri tengah bawah. Selanjutnya 4 gigi seri atas muncul. Setelah itu, gigi lainnya perlahan-lahan mulai mengisi, biasanya berpasangan, masing-masing di sisi rahang atas atau bawah sampai semua 20 gigi keluar pada saat usia anak 2,5 sampai 3 tahun. Set lengkap gigi susu ini akan bertahan hingga anak berusia 6-7 tahun, kemudian tanggal satu persatu untuk digantikan oleh gigi dewasa (gigi permanen).

Saat gigi anak muncul pertama kali, anak mungkin akan merasakan gusinya gatal, sehingga ia cenderung ingin memasukkan apa saja ke dalam mulut dan menggigit-gigit. Sayangnya kebiasaan memasukkan barang ke dalam mulut pada anak, terutama balita perlu diwaspadai kebersihannya, agar tidak menyebabkan penyakit pada anak Anda. Selain itu, barang yang terlalu kecil juga sangat berisiko tertelan.

Berikut beberapa fakta seputar gigi anak yang harus diketahui orang tua:

  • Umumnya setiap 6 bulan, sekitar 4 gigi anak akan tumbuh
  • Gigi anak perempuan biasanya lebih cepat tumbuh mendahului anak laki-laki
  • Umumnya gigi bawah lebih dulu keluar daripada gigi atas
  • Gigi di kedua rahang biasanya keluar berpasangan, satu di sebelah kanan dan satu di sebelah kri
  • Gigi susu ukurannya lebih kecil dan warnanya lebih putih dibanding gigi dewasa (gigi permanen) yang akan muncul kemudian
  • Pada saat anak berusia 2 sampai 3 tahun, semua gigi susu harusnya sudah keluar

Kapan sebaiknya anak di bawa ke dokter gigi ?

Kunjungan pertama ke dokter gigi sebaiknya ketika anak berusia 1 tahun, untuk membiasakan anak dengan dokter gigi. Semakin dini Anda membawa anak kepada dokter gigi dan semakin baik ikatan dokter gigi dengan anak Anda, akan membentuk sikap rajin merawat gigi pada Anak Anda.

Jika anak Anda sudah tidak menggunakan botol dot dan tidak ngemil makanan manis atau minum jus terlalu banyak, artinya gigi anak aman hingga satu tahun ke depan. Namun apabila anak Anda masih memilik kebiasaan tersebut, biasakan untuk mengajaknya gosok gigi sebelum tidur agar tidak menyebabkan kerusakan pada gigi. Pada usia 2 tahun atau saat kebiasaan Anak merawat gigi sudah jauh lebih baik, kunjungan ke dokter gigi sebaiknya mulai dirutinkan tiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali.(EDA/STE)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store