Mengenal KB Suntik

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

134

Sekarang ini kita mengenal berbagai jenis kontrasepsi di mana masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Kali ini kami akan membahas tentang kontrasepsi injeksi atau yang sering dikenal suntik KB. Kontrasepsi injeksi atau yang lebih dikenal dengan istilah KB suntik adalah metode kontrasepsi yang berbentuk cairan dan mengandung hormon sintetis progestogen yaitu hormon yang sama dengan hormon progesteron yang diproduksi di indung telur. Kontrasepsi ini dapat membantu menghentikan atau menghambat proses pembuahan dan meningkatkan pembuatan lendir oleh leher rahim.

Apa saja jenis  KB Suntik?

Berdasarkan kandungan hormon sintetis, KB suntik dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Kontrasepsi Progestin mengandung hormon progestogen dan Kontrasepsi Kombinasi yang mengandung estrogen dan progestogen. Di Indonesia KB suntik progestin diberikan 3 bulan sekali sehingga dikenal dengan nama KB Suntik 3 bulan, sementara KB suntik kombinasi digunakan 1 bulan sekali dan dikenal dengan nama KB suntik 1 bulan.

Apa saja keuntungan KB suntik?

  1. Tidak perlu mengingat untuk mengkonsumsi pil setiap hari.
  2. Tidak mengganggu kehidupan seksual.
  3. Dapat digunakan oleh wanita menyusui.
  4. Sebagian besar pengguna tidak mengalami pendarahan vagina
  5. Dapat membantu beberapa masalah menstruasi seperti nyeri ketika menstruasi atau saat pra-menstruasi.
  6. Dapat digunakan oleh wanita yang tidak bisa menggunakan pil KB.
  7. Dapat membantu mencegah terjadinya kanker seperti kanker rahim.
  8. Jika ingin berhenti menggunakannya, maka tidak perlu kembali ke dokter atau perawat untuk menghentikannya.
  9. KB suntik tidak mempengaruhi obat lain yang sedang dikonsumsi. 

Apa kerugian kontrasepsi injeksi?.

  1. Karena efeknya bekerja dalam jangka waktu lama, mungkin membutuhkan waktu untuk kembali memulihkan kondisi kesuburan. Beberapa wanita kemungkinan tidak mengalami masa subur selama 6-8 bulan setelah suntikan yang terakhir.
  2. Akan terjadi perubahan jadwal menstruasi terutama pada beberapa bulan pertama. Beberapa orang mungkin akan mengalami menstruasi yang tidak teratur yang dapat lebih berat dan lebih lama dari biasanya. Namun pada beberapa juga memiliki kemungkinan untuk tidak mengalami menstruasi.
  3. Salah satu efek samping yang mungkin adalah penambahan berat badan. Ini tampaknya menjadi masalah khusus bagi wanita muda (di bawah 18 tahun) yang sudah kelebihan berat badan ketika mereka memulai suntikan.
  4. Kadang-kadang, suntikan dapat menyebabkan rasa sakit atau bengkak di tempat suntikan diberikan.

Resiko terjadinya gangguan periode menstruasi serta jumlah darah menstruasi yang banyak lebih besar pada penggunaan KB Suntik 3 bulan dibandingkan dengan KB suntik 1 bulan.  Selain itu, efek kesuburan setelah suntikan diberhentikan dapat pulih lebih cepat.

Sebelum memilih jenis kontrasepsi ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan, atau Anda bisa berkonsultasi melalui aplikasi Pakdok. (LM/CM)

Referensi

  1. Contraceptive Injection | Advantages and Disadvantages. (2018). Retrieved from https://patient.info/health/long-acting-reversible-contraceptives-larc/contraceptive-injection/
  2. Depo provera | Contraceptive injection. (2018). Retrieved from https://www.fpv.org.au/for-you/contraception/long-acting-reversible-contraception-larc/contraceptive-injection-depo/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store