Mengenal Manfaat MRI

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

401

Anda pernah mendengar istilah MRI? Anda tahu fungsi dan manfaat dari MRI tersebut? Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah pemeriksaan yang memanfaatkan medan magnet dan energi dari gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh. MRI dapat memberikan gambaran struktur tubuh yang tidak bisa didapatkan pada tes lain, seperti rontgen, USG atau CT Scan. Pada tes MRI, bagian tubuh yang akan dipindai ditempatkan pada sebuah mesin dengan magnet yang kuat. Gambar-gambar yang dihasilkan dari MRI berupa foto digital yang dapat disimpan di komputer dan dicetak untuk dipelajari lebih lanjut. Tidak seperti foto rontgen dan CT Scan, MRI tidak menggunakan radiasi sinar X, artinya orang yang rentan terhadap risiko radiasi (seperti ibu hamil) bisa menjalani MRI.

Pemeriksaan MRI dapat digunakan sebagai salah satu penentu langkah pengobatan dan mengevaluasi efektivitas terapi. Dokter biasanya menyarankan pasien untuk MRI pada kasus-kasus penyakit pada otak dan tulang belakang seperti stroke, tumor, cedera otak, dan lain-lain. Untuk kasus-kasus pada jantung dan pembuluh darah, MRI juga biasa digunakan pada kasus serangan jantung untuk melihat seberapa besar kerusakan otot jantung. MRI juga bisa digunakan untuk membantu mengevaluasi kondisi infeksi tulang, kelaianan pada tulang belakang, dan peradangan sendi. Selain itu MRI juga bisa untuk meniliti risiko kanker payudara pada wanita.

Namun demikian, pemeriksaan MRI tidak dapat dilakukan pada semua orang, misalnya pada mereka yang menggunakan alat bantu berbahan logam khusus seperti alat pacu jantung. Selain karena tidak aman, logam itu kemungkinan akan menganggu gambar yang dihasilkan MRI. Terkadang pasien melakukan pemeriksaan ini karena “penasaran” apakah ada penyakit yang bersarang di tubuhnya, beberpa pusat kesehatan juga mmenyarankan metode ini untuk screening ruti organ tertentu. Nah, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pemeriksaan ini agar pilihan pemeriksaan tepat sasaran. (EDA/CM)

Sumber :

  1. MRI Dapat Membantu Identifikasi Penyakit. https://alodokter.com/mri-dapat-membantu-identifikasi-penyakit
  2. Notosiswoyo M, Suswati S. Pemanfaatan MRI Sebagai Sarana Diagnosis Pasien. Media Litbang Kesehatan XIV Nomor 3 Tahun 2004

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store