Mengenal Neuralgia Trigeminal

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

210

Neuralgia trigeminal adalah rasa nyeri kronis akibat gangguan pada saraf trigeminal atau saraf kelima dari 12 pasang saraf yang berasal dari otak. Saraf ini terletak pada setiap sisi wajah dan memungkinkan seseorang dapat merasakan beragam sensasi pada wajah.

Sebagian besar rasa nyeri pada neuralgia trigeminal terjadi pada salah satu sisi wajah terutama wajah bagian bawah. Rasa nyeri tersebut terasa seperti nyeri menusuk atau tersengat listrik, yang berlangsung dari beberapa detik hingga sekitar dua menit. Serangan nyeri ini dapat muncul secara teratur selama beberapa hari hingga beberapa bulan. Namun pada kasus yang parah, rasa nyeri dapat muncul ratusan kali dalam satu hari.

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja. Namun, penyakit ini sering terjadi pada orang dengan usia di atas 50 tahun dan lebih biasa terjadi pada wanita ketimbang pria.

Bagaimana gejala dari neuralgia trigeminal ini?

Nyeri bisa terjadi secara spontan, tetapi lebih sering timbul karena tersentuhnya titik tertentu (titik pemicu) atau karena aktivitas tertentu (misalnya menggosok gigi atau mengunyah). Serangan ulang dari nyeri yang luar biasa bisa dirasakan di setiap bagian pada wajah bagian bawah. Nyeri paling sering dirasakan di pipi dekat hidung atau di daerah rahang. Nyeri bisa terjadi sampai 100 kali/hari dan nyerinya dapat melumpuhkan. Terkadang, bahkan ketika Anda menyentuh bagian tertentu saja dapat menimbulkan rasa sakit.

Penyebab penyakit ini belum diketahui pasti. Terkadang, penyakit dapat muncul setelah pencabutan gigi, trauma saraf wajah, infeksi virus herpes, atau penekanan pada saraf wajah akibat pembuluh darah atau tumor.

Ada banyak faktor risiko untuk neuralgia trigeminal, yaitu:

  • Jenis kelamin: Wanita lebih mudah terkena penyakit ini dibandingkan oleh pria
  • Genetik: Penyakit ini memiliki potensi untuk diturunkan ke anggota keluarga
  • Umur: Anda berisiko menderita penyakit ini jika umur Anda di atas 50 tahun
  • Status kesehatan: Jika Anda pernah didiagnosis dengan multiple sclerosis sebelumnya maka Anda berisiko untuk terkena neuralgia trigeminal

Dapatkan neuralgia trigeminal diobati?

Serangan nyeri sifatnya berulang dan singkat, karena itu biasanya tidak diberi obat nyeri. Obat yang diberikan adalah antikejang, yang akan menyeimbangkan aliran listrik pada permukaan selaput saraf. Pada beberapa kasus digunakan obat antidepresi untuk menurunkan aliran listrik pada saraf. Biasanya terjadi perbaikan spontan, tetapi serangan nyeri bisa kambuh setiap saat, sehingga neuralgia trigeminal ini tidak dapat diremehkan.

Jika Anda mengalami sakit yang berkepanjangan pada wajah, rasa sakit yang hilang-timbul dan tidak kunjung reda, hubungilah dokter Anda segera, agar penyakit dan penyebab penyakit dapat diketahui dan pengobatan dari dokter dapat diberikan secara tepat. (EDA/STE/CM)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store