Mengenal Penggunaan EKG (Elektrokardiogram)

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

6

Elektrokardiogram (EKG) atau electrocardiogram (ECG) adalah salah satu tindakan tes medis untuk mendeteksi kelainan jantung dengan mengukur aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung, sebagaimana jantung berkontraksi. Informasi kondisi jantung yang didapat diambil dengan cara memasang electroda pada badan. Rekaman EKG ini digunakan oleh dokter ahli untuk menentukan kodisi jantung dari pasien. Sinyal EKG direkam menggunakan perangkat elektrokardiograf. Pemeriksaannya yaitu didaerah dada dengan prosedur yang dilakukan sebagai berikut:

  1. Atur posisi pasien, posisi pasien diatur terlentang datar
  2. Buka dan longgarkan pakaian pasien bagian atas, bila pasien memakai jam tangan, gelang, logam lain agar dilepas
  3. Bersihkan kotoran dengan menggunakan kapas pada daerah dada, kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai dilokasi manset elektroda.
  4. Mengoleskan jelly pada permukaan elektroda.
  5. Memasang manset elektroda pada kedua pergelangan tangan dan kedua tungkai.
  6. Memasang elektroda pada sekitar jantung.
  7. Menghidupkan monitor elektrokardiogram.
  8. Menyambungkan kabel elektrokardiogram pada kedua tungkai pergelangan tangan dan kedua tungkai pergelangan kaki pasien, untuk rekaman ekstremitas lead (Lead I, II, III, AVR, AVL, AVF) dengan cara: warna merah pada pergelangan tangan kanan, warna hijau pada kaki kiri, warna hitam pada kaki kanan, warna kuning pada pergelangan tangan kiri, selanjutnya Memasang elektroda dada untuk rekaman precardial lead.
  1. Pastikan urutan dan letak pemasangan elektroda pada EKG sesuai dengan degan posisi yang ditentukan, agar tidak terjadi kesalahan interprestasi data yang dikeluarkan oleh EKG.
  2. Melakukan kalibrasi dengan kecepatan 25 mili/detik
  3. Bila rekaman elektrokardiogram telah lengkap terekam, semua elektroda yang melekat ditubuh pasien dilepas dan dibersihkan seperti semula.
  4. Pasien dibantu merapihkan pakaian

Penggunaan alat ini, memiliki fungsi untuk mengetahui denyut dan irama jantung, posisi jantung di dalam rongga dada, penebalan otot jantung, kerusakan bagian jantung, gangguan aliran darah di dalam jantung dan pola aktifitas listrik jantung yang dapat menyebabkan gangguan irama jantung. Setelah pemeriksaan dilakukan selanjutnya alat ini akan mencatat aktivitas jantung dan menampilkan data ini pada layar visual atau pada kertas print. Data ini kemudian ditafsirkan oleh dokter spesialis.

Pemeriksaan ini sangat minimal invasif. Tidak ada rasa sakit yang ditimbulkan dari pemeriksaan EKG ini. Akan tetapi, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman karena harus melepas atasan Anda. Bila terdapat ruangan khusus, biasanya pemeriksaan akan dilakukan di ruangan khusus tersebut, namun bila tidak, pemeriksa biasanya akan menutup kelambu pembatas kasur Anda dengan pasien yang lain, atau membawakan pembatas tersendiri.

Selain itu, mungkin akan ada rasa tidak nyaman saat pemasangan elektroda, terutama bila elektroda EKG masih elektoda jenis lama yang menyedot sedikit bagian kulit supaya bisa menempel. Anda perlu bersabar beberapa waktu agar pemeriksaan dapat terlaksana dengan baik, karena bila Anda bergerak, maka hasil yang terekam oleh alat EKG pun akan berbeda.

Anda dapat berkonsultasi pada pemeriksa Anda atau dokter yang menangani Anda mengenai pemeriksaan ini agar Anda merasa lebih nyaman saat pemeriksaan berlangsung. Salam sehat! (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://www.medkes.com/2015/09/pengertian-fungsi-prosedur-elektrokardiogram-ekg.html

http://gadarku.blogspot.com/2013/04/prosedur-pemasangan-ekg.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store