Mengenal Penyakit Gastroenteritis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

78

Gastroenteritis adalah peradangan usus yang menyebabkan diare, kram perut, mual, kehilangan nafsu makan, dan gejala lain dari gangguan pencernaan. Pada orang dewasa, dua penyebab paling umum gastroenteritis adalah infeksi virus dan bakteri. Pada orang dewasa sehat, infeksi virus pada saluran pencernaan sering menjadi penyebab untuk episode ringan gastroenteritisInfeksi virus ini termasuk virus norwalkrotavirusadenovirus dan agen lainnya. Virus yang sangat menular dan biasanya menyebar dari satu orang ke orang lain pada tangan kotor atau melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, seperti berbagi makanan atau alat makan.  Infeksi ini mudah sekali menyebar di fasilitas umum yang tertutup, seperti di dalam ruang kelas, tempat perawatan anak, atau ruang perawatan umum.

 

Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami sakit dan kram pada bagian perut, diare berair, namun tidak bercampur darah (jika diare sudah bercampur darah, infeksi yang terjadi mungkin berbeda dan lebih parah), merasa mual bahkan sampai muntah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, sering berkeringat dan kulit menjadi lembap dan juga terkadang muncul demam, sakit kepala, dan sakit otot. Gejala ini biasanya akan muncul pada hari pertama sampai hari ketiga setelah penderita terinfeksi. Penyakit ini menyerang pada beberapa kelompok orang diantaranya yaitu anak kecil, orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, lansia, dan orang yang tinggal di daerah dengan sanitasi air yang buruk.

 

Untuk mengobati penderita yang gejalanya masih agak ringan, biasanya penderita akan dianjurkan untuk banyak minum air. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Tapi,  Jika dehidrasi yang dialami cukup parah, penderita mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan cairan melalui infus. Selain infus, biasanya akan dibarengi dengan pemberian oralit untuk membantu rehidrasi. Obat ini mengandung elektrolit dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Meskipun oralit bisa dibeli secara bebas di pasaran, pastikan untuk selalu mengikuti aturan pakai yang tertulis pada kemasan. Bila perlu, tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

 

Sebelum penyakit ini menyerang Anda, sebaiknya Anda sesegera mungkin untuk mencegahnya dengan cara mengatur gaya hidup yaitu membiasakan mencuci tangan sebelum dan sebelum makan dan juga setelah beraktifitas, mengindari mengonsumsi makanan yang mentah (baik sayuran maupun buah-buahan yang sudah dikupas atau disentuh oleh tangan orang lain), jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak dengan matang,  belilah air minum dalam kemasan untuk menghindari mengonsumsi air yang terkontaminasi (termasuk saat Anda menggosok gigi, disarankan untuk tetap menggunakan air kemasan), hindari mengonsumsi es batu yang kebersihannya tidak terjamin, karena bisa jadi air yang digunakan untuk membuat es sudah terkontaminasi oleh virus, dan yang tak kalah penting yaitu melakukan vaksinasi rotavirus. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/penyakit/gastroenteritis-adalah-flu-perut/

https://docdoc.com/id/info/condition/gastroenteritis/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store