MENGENAL PENYAKIT LUPUS

Definisi

Systemic lupus erythematosus (SLE) adalah salah satu dari sekelompok besar kondisi yang merupakan gangguan autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Systemic lupus erythematosus (SLE) merupakan penyakit kronis yang menyebabkan peradangan pada jaringan ikat, seperti tulang rawan dan lapisan pembuluh darah, yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas pada struktur di seluruh tubuh. 
 
Penyebab 
Penyebab penyakit lupus diduga disebabkan oleh faktor genetik, hormonal dan lingkungan. Faktor lingkungan yang diduga memicu terjadinya lupus antara lain inveksi virus, paparan sinar matahari, merokok, stres dan zat kimia lainnya.
 
Gejala
Gejala umum yang muncul pada penderita penyakit lupus antara lain:
·       Nyeri sendi
·       Ruam Kulit. Ciri khas penyakit ini adalah ruam yang menyebar pada batang hidung dan kedua pipi. Gejala ini dikenal dengan istilah ruam kupu-kupu (butterfly rash).
·       Kelelahan yang amat sangat
 
Gejala lain yang bisa ditemukan pada penyakit lupus antara lain:
·       Demam
·       Penurunan berat badan
·       Pembengkakan kelenjar getah bening
·       Sakit kepala
·       Rambut rontok
·       Nyeri dada dan sulit bernapas
·       Luka di dalam mulut  atau hidung yang sulit sembuh
·       Pembengkakan pada kaki akibat retensi cairan tubuh
 

Diagnosis

Diagnosis lupus ditegakkan berdasarkan gejala, pemeriksaan fisik, dan tes darah. Jika berdasarkan gejala klinis dicurigai SLE pemeriksaan lanjut yang dapat membantu menunjang diagnosis penyakit ini antara lain:
·       Pemeriksaan urin
·       Pemeriksaan darah lengkap
·       Pemeriksaan ANA (antinuclear antibody)
·       Pemeriksaan imunologi
·       Pemeriksaan fungsi ginjal
·       Pemeriksaan komplemen C3, C4
Pemeriksaan darah lengkap, ANA, imunologi, fungsi ginjal, serta komplemen C3, C4 dilakukan dengan pengambilan sampel darah dalam satu waktu sekaligus.
 

Pengobatan

Hingga saat ini tidak ada obat untuk penyakit lupus. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati lupus akan tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Tujuan pengobatan adalah untuk menguangi keparahan penyakit dan mencegah kerusakan organ lainnya.
 
Obat yang diberikan pada penyakit lupus antara lain:
·       Obat antiradang non steroid (NSAID), obat ini membantu mengurangi peradangan dan mengurangi gejala pada sendi.
·       Obat antiradang kortikosteroid, membantu mengurangi peradangan dengan cepat.
·       Antimalaria, seain membantu peradangan obat ini juga bermanfaat sebagai pengobatan untuk kelelahan dan nyeri sendi, dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengendalikan penyakit ginjal.
·       Obat antirematik yang memodifikasi penyakit (DMARDs), digunakan untuk meredam sistem kekebalan yang terlalu aktif, obat ini mungkin perlu diminum dalam waktu lama.
·       Obat penurun efek antibodi. Ini adalah terapi biologis yang bertindak melawan antibodi dalam darah agar tidak terlalu membuat kerusakan. Obat ini digunakan pada kasus lupus yang parah dan tidak merespons pengobatan lain.(PP/STE)

Referensi:

  1. Gurevitz SL, Snyder JA, Wessel EK, Frey J, Williamson BA. 2013. Systemic lupus erythematosus: a review of the disease and treatment options. Consult Pharm. 28(2):110-21. doi: 10.4140/TCP.n.2013.110.
  2. Kuhn A, Bonsmann G, Ander HJ. Herzer P, dkk. 2015. The Diagnosis and Treatment of Systemic Lupus Erythematosus. Dtsch Arztebl Int. 112(25): 423–432.