Mengenal Penyakit Sinusitis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

345

Anda sering merasakan nafas berbau? Kemudian gejala tersebut juga dibarengin dengan sakit kepala dan rasa adanya tekanan di daerah dahi, pipi, hidung di antara mata? Hidung anda juga tersumbat atau daya penciuman anda menjadi berkurang? Jangan-jangan Anda penderita sinusitis.

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus adalah rongga/ruang berisi udara yang terdiri dari 4 pasang rongga di belakang dahi, belakang mata, dan pipi. Rongga ini berisi udara dan sinus berguna untuk menjaga kelembaban serta menghangatkan udara. Sinus memiliki ‘aliran cairan’ nya sendiri dan juga untuk menghasilkan cairang lengket dan tebal di hidung. Cairan ini turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, bahan penyebab alergi, dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh. Jika aliran tersebut terganggu, fungsi sinus juga ikut terganggu, dan pada akhirnya terjadi peradangan.

Sinusitis biasanya di sebabkan oleh beberapa hal diantaranya infeksi Virus, Bakteri dan Infeksi Jamur dan lain sebagainya. Gejala sinusitis bermacam-macam, seperti  hidung ‘mampet’, ingus yang ‘meler’, hingga berkurangnya kemampuan untuk mencium bau. Biasanya gejala ini disertai dengan adanya nyeri pada wajah, khususnya pipi dan dahi, karena sinus yang terletak di belakang dahi dan pipi sedang mengalami radang dan dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

Untuk pertolongan pertama, anda dapat melakukan beberapa hal di rumah untuk meringankan penyakit ini.

  1. Kompres dengan handuk hangat

caranya basahi atau celupkan handuk ke dalam air hangat dan peras secukupnya. Taruh handuk lembap ini di atas area hidung, pipi, mata untuk meredakan rasa nyeri di area tersebut.

  1. Minum banyak air putih

tubuh perlu cairan untuk mengencerkan ingus dan melancarkan pembuangan cairan dari dalam sinus.

  1. Hirup uap panas

taruhlah handuk di atas kepala lalu pelan-pelan hiruplah uap dari baskom berisi air panas.

  1. Banyak istirahat

tubuh perlu istirahat yang cukup supaya sanggup melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan diri.

  1. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

dengan begitu cairan dapat dibantu dialirkan keluar dari dalam sinus sehingga mengurangi hidung tersumbat.

  1. Jika penyakit sinusitis anda tidak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi dengan dokter anda karena mungkin sinusitis tersebut disebabkan oleh bakteri dan membutuhkan Antibiotik. (RA/CM)

Sumber :

  1. https://guesehat.com/6-hal-yang-wajib-anda-ketahui-tentang-sinusitis
  2. https://deherba.com/penyakit-sinusitis-penyebab-gejala-dan-cara-mengobatinya.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store