Mengenal Penyakit Syaraf Terjepit

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

123

Syaraf terjepit yaitu suatu keadaan dimana saraf tertekan oleh bagian yang ada di sekitarnya. Ciri syaraf terjepit yaitu kepala terasa seperti ditusuk-tusuk oleh jarum dan rasa sakit yang luar biasa sehingga bisa membuat seseorang mengalami mati rasa, kebas, dan penurunan sensasi untuk “merasa” pada daerah yang terdapat banyak sarafnya.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, yaitu posisi tubuh, seperti bersandar pada siku, menyilangkan kaki, jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat saat mengangkat barang atau duduk, dan masih banyak lagi penyebab dari penyakit syaraf terjepit.

Gejala umum yang ditimbulkan dari saraf terjepit adalah mati rasa dan kebas terutama di daerah yang banyak syarafnya, sensasi sakit atau rasa nyeri seperti terbakar dan menjalar keluar, terasa seperti kesemutan pada kepala, otot menjadi semakin lemah, kaki dan tangan sering tidak mengalami rasa apa-apa, dan kepala terasa seperti ditusuk-tusuk oleh jarum sehingga penderita akan mengalami kesakitan.

Pengobatan penyakit ini dapat anda lakukan dengan 2 cara, yaitu cara alami dan cara medis. Cara alami yang dapat dilakukan merupakan upaya untuk memberikan pertolongan awal untuk meringankan gejala dari saraf terjepit. Selain itu, cara alami ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut akibat saraf terjepit.

Anda dapat mencoba untuk melakukan:

  1. Mengistarahatkan bagian yang sakit. Coba untuk mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami gejala saraf terjepit. Dengan beristirahat, otot yang sebelumnya menegang bisa kembali rileks, sehingga apabila penyebab saraf terjepit adalah karena otot yang menegang, gejala akan berangsur membaik dan menghilang.
  2. Meredakan nyeri. Gejala yang muncul akibat saraf terjepit seringkali terasa sangat mengganggu, sehingga Anda tidak bisa beristirahat dengan tenang. Untuk mengurangi gejala tersebut, termasuk rasa nyeri, Anda dapat mencoba menggunakan badai, memakai minyak esensial (minyak lavender, kamomil, cendana, peppermint, atau marjoram) pada daerah yang sakit, atau mengompres dengan menggunakan air hangat.

Anda dapat melakukan bidai dengan elastic bandage pada bagian yang terasa sakit. Bidai yang Anda lakukan dapat mengurangi radang yang timbul akibat saraf yang terjepit, sehingga gejala juga akan mereda.

Minyak esensial atau kompres dengan air hangat dapat memberikan rasa hangat pada bagian yang mengalami gejala, sehingga pembuluh darah pada area tersebut akan diperbesar. Dengan aliran pembuluh darah yang semakin besar, maka semakin banyak pula oksigen dan nutrisi yang sampai, hal ini dapat membuat sel-sel sekitar rileks, meredakan gejala, serta membantu mempercepat kesembuhan.

Apabila Anda sudah mencoba cara di atas namun gejala tidak kunjung sembuh dalam satu minggu, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan medis.  Dokter biasanya akan memberikan obat diantaranya adalah obat antinyeri, fisioterapi, dan bila belum sembuh juga dokter akan merekomendasikan anda untuk melakukan operasi. (RA/STE)

Daftar Pustaka

  1. https://halosehat.com/penyakit/saraf-terjepit/cara-menyembuhkan-syaraf-terjepit
  2. https://dsandn.com/cara-mengobati-syaraf-terjepit-secara-alami/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store