Mengenal Penyakit Tifus

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

110

Hampir 100.000 penduduk Indonesia terjangkit penyakit tifus tiap tahunnya. Oleh sebab itu, penyakit tifus dinyatakan sebagai penyakit endemik dan masalah kesehatan serius di dalam negeri. Tifus (tipes) atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Tifus dapat menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii. Bakteri ini selanjutnya menginfeksi saluran pencernaan yang kemudian akan menyebar ke hati, limpa, dan kantung empedu.

Penyebab utama penyakit ini adalah buruknya sanitasi dan keterbatasan akses air bersih yang digunakan sehari hari. Kuman penyebab tifus juga dapat menular melalui binatang pengerat seperti tikus. Selain itu, gaya hidup juga berpengaruh pada penyebaran penayakit ini seperti kebiasaan mengonsumsi sayur-sayuran yang menggunakan pupuk dari kotoran manusia yang terinfeksi, mengonsumsi produk susu yang telah terkontaminasi, menggunakan toilet yang terkontaminasi bakteri. Anda akan terinfeksi jika menyentuh mulut sebelum mencuci tangan setelah buang air, dan juga hubungan seks yang tidak aman dengan melakukan seks oral dengan pembawa bakteri Salmonella typhii.

Pada umumnya orang yang menderita penyakit ini akan mengalami nyeri otot, sakit kepala, demam tinggi pada malam hari yang pada tiap harinya meningkat biasanya hinga mencapai 39-40 derajat C, menagalani nyeri pada bagian perut, nafsu makan menurun sehingga menyebabkan penurunan berat badan, kelelahan dan lemas dan gejala lainnya. Apabila Anda atau keluarga Anda mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penangan berikutnya.

Untuk menangani penyakit ini, biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang digunakan sebagai obat tifus guna membunuh bakteri Rickettsia. Namun, sebenarnya untuk bisa cepat sembuh dari penyakit ini, tidak hanya antibiotik saja yang jadi andalan. Anda juga harus makan dan minum yang sehat dan aman bagi Anda. Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi, antara lain:

  • Makan makanan yang halus

Saat mengalami tifus, saluran pencernaan sedang mengalami radang, sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk mencegah kerusakan yang dialami oleh saluran pencernaan, dokter biasanya akan menganjurkan Anda untuk mengonsumsi makanan yang halus, seperti bubur atau nasi tim. Bila Anda tidak nafsu makan dengan makanan halus seperti itu, Anda dapat mengonsumsi nasi lunak dengan kuah hangat agar makanan Anda lebih halus dan mudah dicerna. Anda juga dapat mengunyak lebih lama dari biasa agar makanan tersebut lebih halus saat masuk ke dalam lambung dan usus.

  • Menghindari makanan berasa tajam

Beberapa makanan memiliki rasa yang tajam yang dapat memperparah radang yang Anda alami saat tifus, misalnya makanan yang terlalu asam, makanan pedas, minuman bersoda, atau kopi. Selain makanan yang memiliki rasa yang tajam, makanan dan minuman siap saji atau makanan yang mengandung saus juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu, karena dikhawatirkan makanan tersebut mengandung bahan pengawet atau bahan-bahan lain yang dapat memperparah kondisi pencernaan Anda.

  • Porsi kecil namun sering

Selain larangan pada jenis makanan di atas, tidak ada jenis makanan lain yang harus Anda hindari bila Anda sedang menderita tifus. Anda akan dianjurkan untuk makan teratur agar saluran pencernaan Anda tidak kosong dan semakin rusak akibat dibiarkan kosong. Anda bebas memilih makanan apapun yang Anda inginkan, terlebih karena saat Anda mengalami tifus, nafsu makan Anda akan menurun drastis. Bila Anda merasa mual, muntah, ataupun diare, Anda dapat mencoba makan dengan porsi kecil namun sering. Anda juga dapat melakukan variasi pada makanan Anda, sesuai dengan nafsu makan Anda, agar asupan pada tubuh Anda tetap terjaga.

Demikian sedikit tentang penyakit tifus, semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/fakta-makanan-minuman-saat-tifus-tipes/

https://vivahealth.co.id/article/detail/6084/demam-tifus


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store