Mengenal Penyakit Trypophobia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

75

Trypophobia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami ketakutan atau keengganan terhadap kelompok-kelompok lubang kecil. Reaksi terhadap pola berlubang ini sangat kuat. Melihat gerombolan gelembung atau lingkaran bisa membuat orang yang memiliki trypophobia merasa kulit mereka berkeringat dingin, merinding, bergidik, gatal, terasa sakit atau nyeri nyata, bahkan bisa hingga mual dan muntah karena mereka menganggap apa yang mereka lihat benar-benar menjijikan. Beberapa dari orang-orang ini berpikir bahwa ada sesuatu yang berbahaya mungkin mengintai di dalam lubang itu, dan beberapa di antaranya takut bahwa karena merasa akan jatuh ke dalam lubang. Trypophobia dalam beberapa kasus yang parah bahkan bisa memicu serangan panik.

 

Seorang yang mengalami phobia biasanya telah mengalami sesuatu yang mengganggu atau telah mengancam dirinya sebagai contoh yaitu seorang yang dahulunya pernah digigit oleh anjing, pasti orang tersebut akan selalu takut dengan anjing. Namun pada kasus trypophobia, tidak ada ancaman yang jelas, dan pola visual yang menyebabkan phobia bisa sangat acak antara satu sama lain. Meski begitu, beberapa ilmuwan menduga bahwa reaksi ekstrem terhadap bentuk bundar acak timbul karena pola tersebut menyerupai bintik atau lingkaran yang ditemukan pada hewan beracun, termasuk ular dan gurita berkepala biru.

 

Orang yang mengalami trypophobia biasanya akan menghindari benda seperti spons, gelembung sabun, karang laut, spons laut, sarang madu, kondensasi air, sarang lebah, kacang polong, stroberi, buah delima, gelembung, kelompok mata seperti yang ditemukan pada serangga.

 

Pengobatan penyakit ini yaitu dengan cara therapy, terapi yang biasanya digunakan yaitu

  1. Desensitisasi Sistematis

Terapi yang diperuntukkan bagi penderita penyakit trypophobia, yakni dengan cara membuat si penderita merasa rileks. Bila telah merasa nyaman, maka selanjutnya diperlihatkan gambar tentang lubang-lubang yang terdapat pada tubuh manusia kepada si penderita tersebut.

 

  1. Reframing

Reframing merupakan salah satu cara menghilangkan trypophobia dengan cara menyembuhkan rasa takut terhadap lubang-lubang dengan cara membayangkan masa lalu serta bercerita kepada psikiater mengenai bagaimana awalnya saat dia mengalami trypophobia.

 

  1. Flooding

Terapi flooding ini cara yang lumayan keras untuk si penderita trypophobia. Terapi flooding dilakukan dengan cara menempatkan si penderita bersama dengan gambar-gambar tentang lubang-lubang sampai si penderita merasa kuat dan tidak mengalami ketakutan lagi. Tetapi cara yang satu ini dirasa memaksa dan sangat keras. Pada saat pertama kali proses terapi si penderita bisa saja pingsan atau mengalami muntah-muntah.

 

  1. Abreaksi

Cara menghilangkan trypophobia yang keempat ini dilakukan dengan cara pendekatan kepada si penderita trypophobia. Pendekatan yang dilakukan seperti memperlihatkan gambar atau foto tentang lubang-lubang yang terdapat pada tubuh manusia, bila telah terbiasa dengan gambar atau foto tersebut, mulai lebih didekatkan sehingga si penderita trypophobia pelan-pelan menjadi terbiasa. (RA)

 

Daftar Pustaka

Unusual Phobia: Researchers Suggest New Reason for Fear of Bubbles https://www.livescience.com/59879-trypophobia-fear-of-bubbles-evolutionary-reason.html

Trypophobia: the fear of holes driven by the internet – and mathematics https://theconversation.com/trypophobia-the-fear-of-holes-driven-by-the-internet-and-mathematics-56928

Understanding trypophobia: Why some people fear holes http://www.cbsnews.com/news/understanding-trypophobia-why-some-people-fear-holes/

https://doktersehat.com/mengetahui-apa-itu-trypophobia/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store