Mengenal Penyebab Bintik Hitam Di Wajah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

114

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit.selain di wajah, Flek hitam juga dapat muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher. Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit putih. Flek hitam  dapat terjadi pada semua usia namun kondisi ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun kondisi ini dapat membuat orang merasa kurang percaya diri dengan keadaan wajahnya.

Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut manusia. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik. Meningkatnya produksi melanin dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu:

  1. Paparan Sinar Ultraviolet

Setiap kali kamu berjemur tanpa tabir surya dan membiarkan kulit terkena sinar UVA dan UVB yang berbahaya bahkan saat berteduh kulit belum terlindung. Sinar UVA cukup kuat untuk menembus kaca yang berarti mengendarai mobil dalam kendaraan tertutup masih beresiko terkena sinar UVA dari jendela.

  1. Genetik

Pigmentasi juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dan genetik. Hasil penelitian menunjukkan flek tampak karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen. Orang-orang dengan kulit putih dan memiliki rambut pirang atau merah lebih sering mengalami kondisi ini.

  1. Pengaruh Hormonal

Hormon telah jelas menjadi penyebab flek hitam di wajah. Hormon tersebut diantaranya estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi pada trisemester ketiga.

4. Penggunaan Kosmetika yang Tidak Tepat

Beragam kosmetik beredar di pasaran menjadi penyebab flek hitam di wajah terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu yang dapat menimbulkan fotosensitivitas. Fotosensitivitas adalah keadaan kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalkan kita memakai blush on yang mengandung fotosensitivitas, daerah yang sering dipakai kosmetika apabila terkena sinar matahari akan membuat pipi muncul flek hitam.

5. Polusi

Jika tinggal di kota metropolitan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi dan mengalami beberapa noda hitam di wajah, mungkin penyebabnya adalah polusi. Flek hitam terbentuk karena sel kita memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan akibat bahan yang dapat mengiritasi kulit. Dengan maraknya pencemaran di udara mengiritasi kulit setiap hari, sel kita tentu harus bekerja keras memperbaiki kerusakan.

Meskipun sebagian besar flek berwarna hitam, hal ini tidak menutup kemungkinan muncul dengan warna lain, seperti kemerahan, kekuningan, atau kecokelatan tergantung dari pigmen kulit masing-masing orang, namun yang pasti berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya. Jika tidak segera dirawat, flek mungkin bertambah banyak dan melebar. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/7-penyebab-timbulnya-bintik-hitam-di-wajah/

https://www.alodokter.com/flek-hitam.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store