Mengenal Penyebab Gigi Kuning

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

171

Semua orang pasti ingin memiliki gigi yang putih, bersih, dan sehat. Namun sebenarnya, warna asli gigi bukanlah warna putih cemerlang seperti yang ditampilkan di iklan. Gigi dilapisi oleh enamel yang membuat warna gigi secara alami tampak putih kebiruan dan agak tembus pandang. Dibawah lapisan enamel, terdapat lapisan dentin yang berwarna kuning. Ketika enamel terus terkikis, maka yang akan terlihat adalah dentin. Inilah yang membuat gigi menjadi berwarna kuning. Jika Anda mengalami gigi berwarna kuning, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan-kebiasaan seperti dibawah ini.

  1. Jarang sikat gigi

Gigi yang kotor akan membuat kotoran hasil sisa-sisa makanan menempel pada gigi. Sisa dari kotoran makanan ini yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Selain itu, orang yang jarang menyikat gigi dapat mengalami gangguan pada gigi misalnya gigi berlubang, munculnya plak, atau karang gigi yang sulit untuk dihilangkan dengan mengosok gigi biasa. Biasakan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari; setelah bangun tidur pada pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

  1. Sering minum kopi, soda, dan teh

Kandungan kafein yang tinggi dalam minuman ini dapat mengisi enamel gigi jika dikonsumsi secara berlebihan (2 sampai 3 kali dalam sehari) dan secara terus menerus. Ketika enamel terkikis, noda minuman ini bisa menetap pada dentin sehingga gigi akan bertambah kuning jika tidak dibersihkan dengan benar dan teratur. Selain itu, kandungan gula yang tinggi juga dapat menempel pada gigi dan menjadi tempat perkembangbiakan kuman, sehingga gigi mengalami kerusakan.

  1. Kebiasaan merokok

Selain kopi, rokok juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. karena rokok mengandung zat nikotin yang akan menempel pada gigi. Jadi, semakin banyak batang rokok yang Anda hisap, maka semakin banyak pula zat nikotin yang menempel di gigi manusia. Jika Anda tidak segera berhenti merokok, lama-kelamaan gigi Anda bisa berubah menjadi hitam dan akan sulit dikembalikan kewarna aslinya.

  1. Terlalu sering menggunakan obat kumur

Banyak obat kumur yang beredar di toko memiliki kadar asam yang tinggi. Jika terlalu sering digunakan akan membuat mulut menjadi kering dan akhirnya merusak lapisan gigi. Saat mulut kering terjadi, air liur tidak bekerja secara maksimal untuk membantu menjaga kelembapan mulut, mengurangi tingkat keasaman, melumpuhkan bakteri jahat, dan mencegah noda menempel pada enamel. Jadi sebelum Anda menggunakan obat kumur, sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi.

Biasakan menggosok gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi dapat menjadi langkah awal merawat gigi Anda. Selain itu, lakukan pemeriksaan gigi secara rutin pada dokter gigi untuk membersihkan dan merawat gigi Anda. Tubuh yang sehat dimulai dari gigi yang sehat pula! (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/kebiasaan-penyebab-gigi-kuning/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store