Mengenal Penyebab Infertilitas Pada Wanita

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

84

Infertilitas dapat terjadi pada siapa saja. Infertilitas dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor genetik, kesehatan, gaya hidup, dan lain-lain. Untuk mengetahui penyebab infertilitas wanita, harus diawali dengan pemahaman mengenai proses kehamilan. Kehamilan diawali dari pelepasan sel telur sehat dari indung telur yang bergerak menuju tabung saluran indung telur (tuba fallopi). Di sana sel telur akan dibuahi oleh sperma, saat pasangan melakukan hubungan seksual. Sel telur yang sudah dibuahi tersebut kemudian bergerak dan tumbuh di dalam rahim.

Seorang wanita yang mengalami infertilitas mungkin akan bertanya-tanya kenapa hal tersebut dapat terjadi? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita pahami hal yang dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.

  1. Usia

Faktor usia juga menjadi salah satu penyebab infertilitas atau kemandulan pada wanita. Semakin tua usia seorang wanita semakin berisiko untuk mengalami infertilitas atau kemandulan, karena semakin tua usia seorang wanita maka kemampuannya untuk hamil semakin menurun. Sekitar 95 persen wanita yang berusia 35 tahun akan hamil setelah 3 tahun melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi, sedangkan hanya 75 persen wanita usia 38 tahun yang hamil pada jangka waktu yang sama.

  1. Kerusakan pada tuba fallopi

Tuba fallopi yang tersumbat atau rusak dapat mencegah sperma untuk mencapai sel telur dan juga menghambat jalan sel telur yang dibuahi untuk mencapai rahim. Kerusakan itu dapat dipicu oleh beberapa faktor yaitu  radang panggul, pernah menjalani operasi besar atau operasi pada panggul dan tuberkulosis pada panggul.

  1. Gangguan ovulasi

Gangguan ovulasi atau pelepasan sel telur secara berkala, merupakan kondisi paling umum yang menyebabkan wanita tidak dapat hamil. Pada kondisi ini calon ovum atau telur kecil di ovarium (indung telur) tidak berkembang menjadi lebih besar. Hal ini disebabkan oleh karena adanya gangguan tiroid, termasuk hipertiroid dan hipotiroid dapat menghambat ovulasi. Selain itu, terjadinya kondisi sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini membuat indung telur kesulitan memproduksi sel telur.

  1. Gangguan pada lendir serviks

Saat seorang wanita tengah ber-ovulasi, secara alami lendir serviks menjadi lebih tipis dan encer untuk memudahkan sperma bergerak dan menghampiri sel telur. Ketidaknormalan pada lendir tersebut dapat mempersulit proses ini dan menghambat terjadinya kehamilan.

Untuk mengetahui secara pasti mengenai penyebab infertilitas wanita, Anda dan pasangan sebaiknya berkonsultasi langsung pada dokter spesialis kandungan. Umumnya, diperlukan pemeriksaan kesuburan dari kedua pasangan untuk memastikan penyebab kesulitan hamil dan anda dapat meminta obat untuk dapat menyuburkan kandungan. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://www.ibupedia.com/artikel/konsepsi/penyebab-infertilitas-pada-wanita

https://www.alodokter.com/penyebab-infertilitas-wanita-yang-perlu-diketahui.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store