Mengenal Penyebab Sakit Kepala

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

241

Sering sakit kepala? Kadang karena terlalu sering, secara otomatis kita mengambil Paracetamol kemudian meminumnya. Namun, seringkali Paracetamo tidak mengurangi keluhan kita, mengapa? Karena sakit kepala itu macam-macam jenisnya, pengobatannya pun bermacam-macam. Mari mengenali beberapa jenis sakit kepala:

  1. Sakit kepala bagian belakang

Keluhan yang dirasakan dapat berupa rasa berat di kepala bagian belakang hingga menjalar ke leher bagian belakang (tengkuk) seolah-olah membawa beban berat. Sering kali kolesterol tinggi menjadi kambing hitam sebagai penyebab sakit kepala bagian belakang serta tengkuk ini. Penyebabnya bukan hanya kolesterol, bisa juga hal yang lain tetapi pada umumnya tidak berbahaya, berlangsung sementara, dan dapat diatasi dengan pengobatan sederhana di rumah. Akan tetapi pada kasus tertentu sakit kepala tak kunjung sembuh dan penyebabnya dapat berupa kondisi medis yang serius sehingga memerlukan pemeriksakan yang intensif.

  1. Sakit Kepala Cervicogenic

Sering sakit kepala terutama di bagian belakang juga dapat dipicu oleh sakit kepala cervicogenic atau sakit kepala sekunder yang berawal dari masalah leher. Klasifikasi dari kondisi ini ada dua, yakni sakit kepala vertebrogenic serta myogenic. Myogenic adalah kondisi yang terjadi saat ketegangan dialami otot-otot leher, sedangkan vertebrogenic disebabkan oleh disfungsional sendi tulang belakang di bagian leher. Pada jenis myogenic, ada postur tubuh yang kurang baik, kelainan tulang belakang leher, serta stres bisa menjadi penyebab utamanya.

  1. Arthritis

Penyakit arthritis seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis dapat memicu terjadinya sakit kepala belakang dan leher. Nyeri tersebut dapat terjadi jika peradangan dan pembengkakan berasal pada area leher. Nyeri yang diakibatkan oleh penyakit ini biasanya bertambah buruk di pagi hari. Selain itu, gerakan dapat memicu rasa sakit menjadi lebih hebat.

  1. Sakit Kepala Eksersional

Aktivitas fisik berlebih pada saat berlari hingga berhubungan intim dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala tipe ini disebut sakit kepala exertional. Sakit ini lebih berisiko dialami oleh pasien dengan riwayat migrain atau seorang yang memiliki kerabat penderita migrain. Pasien dapat mengalami sakit kepala hebat tepat dibelakang mata ataupun seluruh bagian belakang kepala. Rasa sakit ini dapat bertahan selama 20 menit. (RA/CM)

Sumber :

  1. https://dokterbabe.com/artikel/sakit-kepala-belakang/
  2. https://mediskus.com/penyakit/penyebab-sakit-kepala-bagian-belakang

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store