MENGENAL POLA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

44

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang tumbuh dan berkembang dengan sehat sesuai usia. Stimulasi yang sesuai pada tiap perkembangan usia sangat menentukan bagaimana otaknya akan berkembang. Deteksi dini dari keterlambatan perkembangan pada anak akan membuat hasil yang lebih baik kedepannya daripada mereka yang terlambat diketahui. Pada 1000 hari pertama kehidupannya (dari embrio dalam kandungan hingga usia 2 tahun) merupakan masa emas pertumbuhannya. Oleh karenanya penting bagi orangtua untuk selalu memberikan stimulus dan memantau perkembangan anak mereka. Pertumbuhan dan perkembangan anak berawal dari 4 tahap yaitu masa bayi, tahun prasekolah, tahun kanak-kanak, dan masa remaja.

Masa bayi

Pada saat masih bayi atau segera setelah lahir, bayi biasanya kehilangan 5% hingga 10% berat lahir mereka. Ini keadaan normal sehingga tidak perlu dilakukan intervensi terhadap beratnya. Ketika bayi berusia 2 minggu, ia harus mulai memiliki berat badan yang bertambah.

Usia 4 bulan

Pada usia 4 hingga 6 bulan, berat bayi harus dua kali lipat berat lahirnya. Peningkatan berat badannya kurang lebih 20 gram perhari. Pada saat ini kepala bayi dapat berdiri tegak terlebih saat ia posisi duduk. Bayi akan bermain dengan mainan ketika diletakkan di tangan mereka tetapi belum bisa mengambil jika terjatuh. Pada usia 4 bulan, sudah diharapkan untuk memiliki kontak mata dengan orang lain, juga sudah dapat tertawa terbahak-bahak.

Usia 9 bulan

Pada usia ini berat badan akan bertambah lebih lambat yaitu sekitar 15 gram sehari dan panjangnya akan bertambah 1,5 cm per bulan. Pada usia 9 bulan, anak sudah dapan mengoceh, menanggapi perintah sederhana, orangtua dapat menyediakan buku gambar untuk membantu perkembangannya dan sebaiknya hindari menonton televisi sampai usia 2 tahun.

Usia 12 bulan

Berat mereka akan menjadi 3 kali berat lahir dan tumbuhnya mencapai 50% lebih dari panjang lahir, anak juga sudah mulai tumbuh satu hingga delapan gigi. Anak dapat berdiri tanpa berpegangan apapun serta bisa berjalan dan duduk tanpa bantuan. Mereka sudah dapat memahami perintah sederhana dan dapat melakukan perjalanan singkat dengan orangtua untuk menambah wawasannya.

Usia 18 bulan

Ubun-ubun anak mulai menutup, saat ini ia sudah dapat mengontrol otot untuk buang air kecil dan besar namun mungkin masih belum siap menggunakan toilet. Pada usia ini anak seringkali meniru apa yang dilakukan sekitarnya.

Usia 2 tahun

Usia ini anak dapat berjalan dengan keseimbangan yang lebih baik, anak dapat diajarkan menggunakan toilet, biarkan anak mengambil bagian dari pekerjaan rumah sehari-hari. Saat menonton tv, kontrol segala program dan konten yang tersedia serta batasi layar hingga kurang dari 3 jam perhari.

Perkembangan anak tidak semuanya sama. Jika orangtua merasa khawatir dengan perkembangan anaknya, mereka dapat mengunjungi penyedia layanan kesehatan. (ITA)

Sumber:

Midelineplus. 2019. Normal growh and development. https://medlineplus.gov/ency/article/002456.htm 24 Juli 2019.