Mengenal Yoga

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

98

Yoga adalah sebuah ilmu yang menjelaskan kaitan antara fisik, mental, dan spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno. Yoga pertama kali diperkenalkan dalam buku Yoga Sutras yang ditulis oleh patanjali, yaitu seorang tokoh legenda dari India yang hidup sekitar 200 hingga 500 SM (Sindhu, 2014:30).

Istilah Yoga berasal dari bahasa Sansakerta kuno yaitu yuj yang berarti union atau penyatuan diri. Yoga memiliki tiga arti yang berbeda, yaitu: penyerapan (samadhi (yujyate), menghubungkan (yunakti), dan pengendalian (yojyanti). Namun makna kunci yang biasa dipakai adalah meditasi (dhyana) dan penyatuan (yukti).

 

Yoga adalah sebuah penyatuan antara jiwa spiritual dengan jiwa universal atau pembatasan pikiran-pikiran yang selalu bergerak atau suatu sistem yang sistematis dalam melakukan latihan rohani untuk mencapai ketenangan batin dan melakukan latihan fisik untuk mencapai kesehatan jasmani dan rohani sehingga disebut dengan Jiwan Mukti.

 

Jenis-jenis Yoga 

Menurut Giri (2006), berdasarkan sastra agama Hindu Yoga diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Hatha Yoga 

Hatha Yoga adalah suatu sistem pelatihan yang menggunakan berbagai teknik membentuk sikap tubuh (asana) disertai dengan teknik pernapasan (pranayama) guna mencapai suatu keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda di dalam tubuh, seperti tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, tubuh bagian kiri dan tubuh bagian kanan, tarikan napas dan hembusan napas, energi positif dan energi negatif, dan sebagainya.

 

  1. Bhakti Yoga 

Bhakti yoga adalah yoga memfokuskan diri untuk menuju hati. Jika seorang yogi berhasil menerapkannya, maka dia akan dapat melihat kelebihan orang lain dan cara untuk menghadapi sesuatu. Keberhasilan yoga ini juga membuat yogis menjadi lebih welas asih dan menerima segala yang ada di sekitarnya, karena dalam yoga ini diajarkan untuk mencintai alam dan beriman kepada Tuhan.

 

  1. Raja Yoga 

Raja Yoga adalah yoga yang menitikberatkan pada teknik meditasi dan kontemplasi. Yoga ini nantinya akan mengarah pada cara penguasaan diri sekaligus menghargai diri sendiri dan sekitarnya. Raja yoga merupakan dasar dari yoga sutra.

 

  1. Jnana Yoga 

Jnana Yoga adalah yoga yang menerapkan metode untuk meraih kebijaksanaan dan pengetahuan. Teknik ini cenderung untuk menggabungkan antara kepandaian dan kebijaksanaan, sehingga nantinya mendapatkan hidup yang dapat menerima semua filosofi dan agama.

 

  1. Karma Yoga 

Karma Yoga adalah yoga yang mempercayai adanya reinkarnasi. Di sini Anda akan dibuat untuk menjadi tidak egois, karena yakin bahwa perilaku Anda saat ini akan berpengaruh pada kehidupan yang akan datang.

 

  1. Tantra Yoga 

Tantra Yoga adalah yoga yang sedikit berbeda dengan yoga yang lain, bahkan ada yang menganggapnya mirip dengan ilmu sihir. Teknik pada yoga ini terdiri atas kebenaran (kebenaran) dan hal-hal yang mistik (mantra). Tujuan dari teknik ini supaya dapat menghargai pelajaran dan pengalaman hidup.

 

Tujuan dan Manfaat Yoga 

Menurut Sindhu (2014:34), yoga memiliki manfaat yang baik jika dilakukan secara rutin dan teratur, yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin (hormonal) di dalam tubuh.
  2. Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak.
  3. Membentuk postur tubuh yang lebih tegap, serta otot yang lebih lentur dan kuat.
  4. Meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas.
  5. Membuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi).
  6. Meremajakan sel-sel tubuh dan memperlambat penuaan.
  7. Memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung.
  8. Mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental, serta membuatnya lebih kuat saat menghadapi stres.
  9. Memberikan kesempatan untuk merasakan relaksasi yang mendalam.
  10. Meningkatkan kesadaran pada lingkungan.
  11. Meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif. (EDA)

 

Sumber:

Riadi M. Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaat Yoga. Available at : https://kajianpustaka.com/2018/04/pengertian-jenis-tujuan-dan-manfaat-yoga.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store