Mengenali Orang Yang Berpura-Pura Sakit (Malingering)

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

274

Mungkin Anda pernah mendengar ada beberapa orang sering yang mengaku sakit tetapi jika Anda perhatikan tidak terlihat demikian? Orang tersebut bahkan sudah diperiksa dokter berulang kali dan mendapatkan pengobatan tetapi masih mengaku sakit? Nah, mungkin orang tersebut mengalami malingering.

Malingering adalah aksi pura-pura sakit saat Anda sebenarnya sehat-sehat saja, atau bertindak seolah-olah penyakit Anda lebih parah dari yang sesungguhnya. Hal itu dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan pribadi. Misalnya agar dapat membolos pelajaran, tidak mengerjakan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan, hingga terbebas dari putusan hakim.

Malingering merupakan salah satu penyakit kejiwaan atau gangguan mental yang harus diwaspadai. Gangguan mental yang seperti ini, berdasarkan tujuannya, dibedakan menjadi dua kategori. seperti Malingering dan Munchausen’s Syndrome. Keduanya memiliki gejala yang serupa meski tujuannya berbeda.

Ada empat ciri yang mencerminkan seorang Malingering berdasarkan buku Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental atau DSM-IV, yaitu:

  1. Terkait dalam konteks medikolegal

Malingering yang bertujuan untuk lari dari tanggung jawab biasanya berkaitan dengan dunia hukum.

  1. Ada kesenjangan yang dikeluhkan dengan hasil pemeriksaan dokter

Biasanya, orang dengan Malingering akan mengeluhkan rasa sakit yang berlebihan.

  1. Pasien kurang bekerja sama dengan dokter

Biasanya pasien kurang mau bekerja sama untuk menjalani pemeriksaan medis. Kalaupun dia mau menjalani pemeriksaan, tapi dia menolak atau enggan untuk menjalani pengobatan yang disarankan.

  1. Berkaitan dengan gangguan kepribadian antisosial

Seorang dengan Malingering biasanya cenderung memiliki ciri kepribadian yang terkait dengan gangguan kepribadian antisosial. Yaitu adanya pola yang menetap dari seseorang yang tidak menghargai hukum dan norma sosial.

Malingering biasa dilakukan untuk:

  1. Menghindari Tanggung Jawab Pidana, Persidangan, dan Hukuman

Penjahat mungkin berpura-pura menjadi tidak kompeten untuk menghindari berdiri di persidangan. Mereka mungkin berpura-pura gila pada saat perbuatan kejahatan. gejala pura-pura sakit untuk menerima hukuman yang lebih ringan. Atau mencoba untuk bertindak seolah-olah tidak mampu (kompeten) untuk dieksekusi.

  1. Menghindari Layanan Militer atau Tugas Khusus Berbahaya

Orang mungkin pura-pura sakit untuk menghindari wajib militer ke dalam angkatan bersenjata. Mereka mungkin berpura-pura sakit untuk melarikan diri dari tugas terutama berat atau berbahaya.

  1. Keuntungan Finansial

“Penjahat” Malingering mungkin mencari keuntungan finansial dalam bentuk asuransi cacat yang sebenarnya tidak patut dan manfaat kompensasi.

  1. Menghindari Pekerjaan, Tanggung Jawab Sosial, dan Konsekuensi Sosial

Individu dapat pura-pura sakit untuk melarikan diri dari keadaan kerja atau kondisi sosial atau untuk menghindari konsekuensi sosial dan litigasi yang terkait dengan kejanggalan pekerjaan atau sosial.

Gangguan mental di individu atau subjek yang berpura-pura sakit atau mengkondisikan dalam keadaan sakit dengan tujuan mencari perhatian, juga dapat terjadi. Namun, hal tersebut merupakan Munchausen’s Syndrome atau seeking attention atau cari perhatian. Munchausen’s Syndrome ternyata biasa terjadi di remaja sekarang loh! Misalnya saja remaja yang berpura-pura sakit sembari mengunggahnya dalam sosial media mereka untuk mendapatkan perhatian dari teman maya mereka.

Baik malingering maupun Munchausen’s Syndrome merupakan kondisi yang perlu didiagnosis oleh seorang ahli kejiwaan. Keduanya dapat diobati dan dapat disembuhkan. Oleh sebab itu, bila ditemukan gejala mirip dengan gangguan itu, jangan ragu untuk melakukan konsultasi pada seorang dokter ahli kejiwaan. Atau jika Anda menemukan gejala tersebut pada orang terdekat Anda, segera ajaklah ia untuk melakukan konsultasi pada dokter ahli kejiawaan. (BR/STE/CM)

DAFTAR PUSTAKA

Bienenfeld, David. Malingering. Psychosomatic, Psychiatry. Wright StateUniversity. Diunduh dari:  http://emedicine.medscape.com/article/293206-overview


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store