Mengenang Masa Lalu Dapat Membuat Lebih Fokus, Benarkah?

119

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa mengenang masa lalu mungkin sebenarnya dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi.

Pada penelitian ini paraa peneliti menemukan bahwa para peserta dalam penelitian ini dapat mencocokkan foto para selebritis dengan lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan saat mereka diminta untuk mencocokkan foto orang-orang tidak dikenal.

Hal ini dikarenakan foto para selebriti ini memicu aktivasi daya ingat jangka panjang para peserta penelitian, yang juga memicu kemampuan daya ingat jangka pendek para peserta penelitian, yang ternyata juga berhubungan dengan peningkatan aktivitas di bagian otak yang mengatur proses imajinasi atau daya ingat.

Dengan kata lain, memikirkan sesuatu hal di masa lalu dapat membantu Anda memecahkan masalah di saat ini. Pada penelitian ini, para peneliti membuktikan bahwa seseorang dapat menggunakan informasi dari masa lalu (daya ingat jangka panjang) untuk menyelesaikan suatu tugas yang harus dilakukan pada masa kini (daya ingat jangka pendek), bahkan dengan lebih baik.

Memang benar bahwa mengenang masa lalu mengenai berbagai hal lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini memang justru dapat memperburuk kinerja Anda dan mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja.

Akan tetapi, bila Anda menggunakan daya ingat jangka panjang yang berhubungan dengan pekerjaan Anda saat ini, maka hal ini mungkin dapat meningkatkan performa kerja Anda, misalnya dengan mengingat kesalahan yang pernah Anda lakukan pada pekerjaan Anda terdahulu, maka Anda pun dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik saat ini.

Sumber: menshealth