Menghindari Penyakit Menular Seksual

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

224

Penyakit menular seksual atau infeksi menular seksual (IMS) dapat disebabkan oleh virus, bakteri maupun parasit. HIV/AIDS, herpes, kanker serviks, kutil kelamin dan masih banyak lagi adalah bentuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus. Penyalit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri antara lain adalah gonore, sifilis, dan klamidia. Sedangkan yang disebabkan oleh parasit adalah trikomoniasis.

Dapatkan penyakit menular seksual dicegah?  Satu-satunya cara agar tidak terkena penyakit menular seksual adalah dengan menghindari factor yang dapat menularkannya. Beberapa cara untuk mencegah penularan penyakit menular seksual antara lain:

  1. Setia

Berhubungan seks hanya dengan satu orang. Hindarilah kebiasaan berganti-ganti pasangan. Semakin banyak jumlah pasangan seksual maka semakain besar risiko untuk terkena penyakit menular seksual.

  1. Hindari narkoba dan alkohol

Saat berada di bawah pengaruh narkoba dan alkohol, perilaku seksual seseorang menjadi lebih sulit dikendalikan. Dampaknya, risiko melakukan hubungan seksual yang berisko juga lebih tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan narkoba, terutama narkoba suntik, erat kaitannya dengan peningkatan risiko terkena penyakit menular seksual.

  1. Gunakan kondom

Gunakan kondom lateks tiap kali berhubungan seks. Jika Anda alergi pilih kondom sintetis, meski jenis ini lebih sering bocor dibandingkan kondom yang berjenis lateks. Pada dasarnya, kondom mencegah penularan IMS dengan cara membatasi kontak cairan tubuh yakni antara sperma dan cairan praejakulasi dengan lendir di dalam liang vagina. Beberapa jenis IMS seperti HIV, gonorea atau kencing nanah serta klamidia menular lewat cairan tersebut.

Namun ada juga beberapa jenis IMS yang penularannya tidak hanya melalui kontak cairan tubuh, melainkan bisa lewat kontak langsung dari kulit ke kulit. Jika infeksinya terjadi di kulit yang tidak terlindungi oleh kondom, maka IMS ini akan tetap menular meski sudah pakai kondom. Jenis-jenis penyakit menular seksual yang masih bisa menular meski sudah menggunakan kondom antara lain herpes kelamin, sifilis, dan lain-lain.

Apabila Anda atau pasangan Anda merasakan adanya gejala yang Anda curigai sebagai penyakit menular seksual, sebaiknya Anda membicarakannya dengan pasangan Anda. Kemudian segera periksakan kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan dan pengobatan yang tepat. Bila dokter memang mendiagnosis Anda atau pasangan Anda dengan penyakit menular seksual, maka Anda dan pasangan Anda harus menjalani terapi secara bersamaan, meskipun hanya salah satu yang didiagnosis mengalami penyakit menular seksual. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan antara Anda dan pasangan Anda, agar tidak terjadi ping pong phenomena atau kejadian penyakit menular seksual berulang atau infeksi berulang pada Anda atau pasangan Anda, karena hanya salah satu saja yang mengalami pengobatan.

Banyak orang yang menderita penyakit menular seksual tetapi tidak menampakkan gejala apa pun. Karena itu, Anda perlu lebih waspada dalam menjalani hubungan seksual. Selain beberapa langkah di atas, rutin memeriksakan kondisi kesehatan seksual Anda dan pasangan ke dokter juga merupakan salah satu langkah penting untuk menghindari penyakit menular seksual. (EDA/STE)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store