Menilik Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

332

Belakangan spirulina menjadi tren di bidang kesehatan. Banyak pemanfaatannya mulai dari dikonsumsi secara langsung hingga digunakan untuk perawatan kecantikan. Dalam istilah yang paling sederhana, spirulina adalah ganggang biru-hijau yang kaya nutrisi dan dianggap sebagai salah satu superfood terbesar alam. Menurut Dr. Group, spirulina memiliki konsentrasi nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi. Selain itu, banyak manfaat yang akan didapatkan jika mengkonsumsi spirulina. Pasti Anda semakin penasaran kan? Nah, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi atau menggunakan spirulina, simak beberapa informasi berikut.

Apa itu spirulina?

Spirulina adalah salah satu jenis bakteri cyanobacterium yang sering disebut ganggang biru-hijau yang kaya nutrisi dan dianggap sebagai salah satu superfood bumi. Spirulina adalah sumber makanan alami yang kaya nutrisi dan sering digunakan sebagai suplemen gizi. Spirulina tumbuh di perairan tropis dan subtropis yang memiliki kandungan garam tinggi. Namun, ada juga beberapa spesies lain yang tumbuh di danau air tawar.

Apa saja manfaat spirulina?

Hingga saat ini, spirulina masih terus diteliti untuk mengetahui secara pasti manfaatnya. Beberapa manfaat yang sering disebut-sebut sebagai manfaat spirulina yaitu:

  1. Spirulina mengandung antioksidan yang kuat
  2. Spirulina dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida
  3. Spirulina mengandung antiinflamasi yang dapat menurunkan stres oksidatif.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
  5. Spirulina merangsang produksi berbagai sel induk (stem cell) termasuk sel darah merah untuk membawa lebih banyak oksigen ke organ tubuh.
  6. Meningkatkan sirkulasi darah
  7. Mendetoksifikasi logam berat
  8. Membantu meningkatkan kekuatan otot.
  9. Meningkatkan energi
  10. Membantu meningkatkan asupan oksigen dan mengurangi kelelahan
  11. Mencegah terjadinya kanker
  12. Menurunkan tekanan darah

Adakah efek samping dari spirulina?

Spirulina dikatakan sebagai makanan yang mudah dicerna dan tidak memiliki efek samping. Namun, belum ada penelitian pasti mengenai efek samping dari spirulina, sehingga Anda tetap harus berhati-hati.

Spirulina memiliki beberapa spesies yang bisa memproduksi racun. Karena itu, Anda harus mengetahui apakah spirulina tersebut sudah diuji keamanannya atau belum dan apakah spirulina tersebut sudah terbebas dari zat-zat berbahaya. Pastikan, jangan sampai membeli produk spirulina yang belum terdaftar di BPOM RI, karena produk tersebut mungkin termasuk golongan spirulina yang terkontaminasi racun.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa spirulina aman untuk ibu hamil dan menyusui. Untuk berjaga-jaga, kelompok ini tidak dianjurkan mengonsumsi spirulina. Spirulina juga belum terbukti efektif dalam mengatasi berbagai kondisi penyakit, sehingga penggunaan spirulina hingga saat ini hanya sebagai suplemen atau tambahan saja, bukan sebagai terapi utama. Selain itu, kandungan yodium dalam spirulina tergolong tinggi, sehingga jika Anda alergi atau sensitif terhadap yodium maka Anda harus menghindari untuk mengkonsumsi spirulina.

Sebaiknya untuk mengetahui lebih lanjut, Anda perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jenis suplemen apapun yang beredar di pasaran, karena mungkin saja suplemen tersebut, termasuk spirulina, tidak sesuai dengan kondisi tubuh maupun kesehatan Anda. (LM/STE/CM)

Referensi

  1. 10 Health Benefits of Spirulina. (2018). Retrieved from https://healthline.com/ nutrition/10-proven-benefits-of-spirulina#section3/
  2. Spirulina.com – Learn About the Benefits of Spirulina. (2018). Retrieved from https:// spirulina.com/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store