Menimbang Perlunya Operasi Lasik

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

191

Beberapa tahun belakangan ini, bila kita berbicara tentang kesehatan mata, maka seringkali terdengar istilah “operasi LASIK”. Operasi ini digadang-gadang merupakan solusi bagi semua penderita rabun sehingga dapat terlepas dari namanya resep kacamata. Namun, apakah semua rumor itu benar adanya? Di artikel kali ini kita akan membahas khusus tentang “operasi LASIK”.

LASIK adalah singkatan dari Laser-assisted in-situ keratomileusis, operasi mata dengan laser yang tujuannya untuk mengoreksi masalah penglihatan seperti mata minus, plus, silinder, serta mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan kacamata ataupun lensa korektif.

Hasil yang diinginkan dari operasi LASIK mata adalah agar kornea mampu membiaskan sinar cahaya untuk fokus lebih tepat pada retina, bukan pada beberapa titik di luar retina ataupun sebelum sampai ke retina. Dengan demikian, mata minus, plus, ataupun silinder bisa teratasi dan penglihatan akan lebih jelas alias normal kembali.

Operasi LASIK mata biasanya diselesaikan dalam waktu 30 menit atau kurang. Selama prosedur, Anda berbaring telentang di kursi malas.

  1. Anda mungkin akan diberi obat untuk membantu agar lebih rileks.
  2. Setelah tetes mata mati rasa digunakan pada mata Anda, kemudian dokter menggunakan alat untuk menahan kelopak mata agar selalu terbuka selama prosedur.
  3. Cincin hisap akan ditempatkan pada mata sebelum memotong lapisan dari kornea, pada saat ini Anda akan merasakan tekanan, dan penglihatan bisa sedikit redup.
  4. Lapisan kornea yang sudah terpotong kemudian disingkapkan agar memungkinkan dokter untuk mengakses lapisan bawah pada kornea untuk dibentuk kembali.
  5. Menggunakan laser, ahli bedah mata kemudian membentuk ulang bagian-bagian tertentu dari kornea. Setelah selesai, lapisan atas yang tadi dibuka, dilipat kembali ke tempatnya, dan biasanya sembuh tanpa jahitan.
  6. Selama operasi, Anda akan diminta untuk fokus pada titik cahaya. Menatap cahaya ini membantu menjaga mata agar tidak bergerak sementara laser membentuk ulang kornea Anda.
  7. Jika Anda perlu operasi LASIK di kedua mata, dokter biasanya akan melakukan prosedur pada hari yang sama.

Seperti halnya operasi lain, operasi LASIK terkadang juga diiringi dengan risiko efek samping atau komplikasi yang tidak sesuai harapan, termasuk:

  • Undercorrections. Jika laser hanya menghilangkan terlalu sedikit jaringan kornea, maka hasilnya penglihatan tidak sejelas yang diharapkan.
  • Overcorrections. Ada juga kemungkinan bahwa laser menghilangkan terlalu banyak jaringan kornea.
  • Penglihatan Kembali Buram. Seiring waktu, mata perlahan-lahan kembali ke keadaan semula sebelum operasi. Hal ini bisa terjadi karena kondisi tertentu, seperti penyembuhan luka yang tidak sesuai harapan, ketidakseimbangan hormon, atau kehamilan.
  • Hilangnya penglihatan atau perubahan.
  • Astigmatisme. Silindris dapat disebabkan oleh penghapusan jaringan kornea yang tidak merata. Ini mungkin memerlukan pembedahan tambahan, kacamata, atau lensa kontak.
  • Mata kering.
  • Masalah flap atau masalah dari penutupan lapisan atas kornea yang sebelumnya dibuka.

Sama seperti prosedur lainnya, LASIK sendiri juga memiliki keuntungan dan kerugiannya. Dokter mata biasanya tidak langsung menyarankan Anda untuk operasi LASIK, melainkan mencoba cara lain untuk mengoreksi penglihatan Anda, misalnya dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. (BR)

DAFTAR PUSTAKA

Eye   Surgery   Education   Council,   established   by   the  American   Society   for Cataract   and   RefractiveSurgery.   LASIK   (Laser-assisted   in   situkeratomileusis) https://eyesurgeryeducation.com/Lasik.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store