Meningitis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

137

Meningitis atau radang selaput otak adalah radang pada membran yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut meningen. Meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang dapat menyebar pada otak dan sumsum tulang belakang, sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis. Penyakit ini dapat menyerang pada siapa saja, namun paling sering menyerang pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah seperti bayi, lansia, dan orang yang menderita HIV/AIDS.

Penyakit ini secara umum disebabkan oleh adanya infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi jamur dan penyebab lainnya. Radang selaput otak yang disebabkan oleh virus umumnya dapat sembuh tanpa pengobatan. Sementara radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri umumnya lebih serius sehingga membutuhkan pengobatan antibiotik untuk mempercepat pemulihan pasien. Penyakit ini harus segera diobati, jika tidak bakteri tersebut dapat meningkat risiko kerusakan otak permanen dan efek berbahaya permanen lainnya.

Seorang yang menderita meningitis akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala parah, mual, muntah, merasa lemah, leher terasa nyeri dan kaku, nyeri otot dan sendi, sering pingsan, dan perubahan kondisi mental seperti kebingungan, mudan marah, dan sulit berkonsentrasi. Tapi pada kasus serius jika virus atau bakteri sudah menginfeksi darah perut akan terasa kram dan juga akan terjadi radang selaput otak sehingga dapat terjadi kejang atau koma.

Apabila Anda atau salah satu anggota keluarga Anda mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya segera dibawah ke rumah sakit agar capat mendapatkan pertolongan sebelum penyakitnya bertambah parah. Pasien yang diduga mengalami meningitis harus dilakukan pemeriksaan yang akurat, hal ini dilakukan untuk spesifikasi pengobatannya, mengingat penyakit ini diebabkan oleh virus, bakteri ataupun jamur, maka pengobatannya pula harus sesuai dengan penyebabnya.

Jika Anda terkena radang selaput otak yang disebabkan oleh virus, Pengobatan untuk kondisi ini pun tergolong ringan dan dapat dilakukan di rumah seperti bed rest (istirahat total), mengonsumsi banyak cairan, serta minum obat pereda nyeri tanpa resep untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri di tubuh. namun apabila penyakit ini disebabkan oleh bakteri, pengobatannya dengan menggunakan  antibiotik infus ataupun obat antiradang untuk mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko komplikasi, seperti pembengkakan otak dan kejang. Namun harus diingat bahwa antibiotik yang Anda gunakan harus sesuai dengan instruksi dokter. Karena Penggunaan antibiotik yang sembarang dapat memperburuk kondisi Anda.

Cara paling utama untuk mencegah penularan penyakit ini adalah dengan suntik meningitis. Vaksin meningitis ACWY135 bisa sekaligus melindungi Anda dari penyakit meningokokus, meningitis pneumokokus, dan Haemophilus influenzae type b. Selain itu, vaksin campak dan rubela (MMR) dan vaksin cacar air dapat melindungi anak-anak dari radang selaput otak yang disebabkan oleh virus. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyakit-meningitis-adalah/

https://doktersehat.com/penyakit-meningitis/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store