Menu Makanan Untuk Diet Saat Menyusui

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

80

Menyusui adalah tahap yang sangat penting untuk bayi. Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari agar bayi Anda juga sehat. Di lain sisi, selama hamil Anda mengalami kenaikan berat badan. Jika dibiarkan, kelebihan berat badan bisa memengaruhi kesehatan. Jangan khawatir, Anda tetap bisa menurunkan berat badan saat menyusui. Caranya tidak berbeda jauh seperti melakukan diet biasa, hanya saja diet yang Anda lakukan bukan diet ketat. Anda tetap harus mengonsumsi makan sehat seimbang, rutin olahraga, dan perbanyak minum air putih. Berikut jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan pada kondisi menyusui.

  1. Buah-buahan

Bagi Anda yang ingin melakukan diet dan tidak ingin menganggu kebutuhan makanan bayi Anda. maka buah-buahan merupakan pilihan makanan yang baik untuk kondisi ini. Anda dapat mengonsumsi jeruk yang merupakan sumber vitamin C atau buah blueberry yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah-buahan atau jus buah minimal 2 kali dalam sehari.

  1. Ikan salmon

Salmon menjadi sumber gizi sekaligus pembangkit tenaga untuk ibu menyusui. Seperti ikan berlemak lainnya, salmon sangat tinggi akan jenis lemak yang dinamakan dengan DHA. DHA ini merupakan elemen penting untuk perkembangan sistem saraf untuk bayi sehingga kadar susu untuk ibu yang mengkonsumsi ikan salmon ini akan jauh lebih tinggi kandungan DHA dibandingkan dengan ibu yang tidak mengkonsumsi salmon. Selain itu, kandungan DHA dalam salmon juga akan memperbaiki mood sehingga bisa mencegah depresi pasca melahirkan. Banyaknya salmon yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah 12 ons atau setara dengan 2 porsi ikan salmon untuk setiap minggunya. Tingkat merkuri dalam ikan salmon juga terbilang rendah jika dibandingkan dengan jenis ikan lain seperti sarden dan ikan todak yang tinggi merkuri dan harus dihindari.

  1. Beras merah

Mengkonsumsi nasi merah adalah pilihan makanan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi sebagai sumber energi serta kalori sehingga menghasilkan ASI yang jauh lebih berkualitas untuk buah hati Anda.

  1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak mengandung zat besi, protein dan vitamin B12 di dalamnya dapat memenuhi energi yang dibutuhkan ibu pada masa menyusui. Selain itu, vitamin B12 yang juga dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi. daging tanpa lemak sangat baik untuk dikonsumsi namun tidak akan menambah berat badan sang ibu.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang seperti kacang merah dan kacang hitam merupakan makanan diet ibu menyusui yang sangat tepat untuk dikonsumsi khususnya bagi Anda vegetarian. Kedua jenis kacang ini merupakan sumber protein nabati kualitas tinggi yang akan memperbaiki kualitas ASI namun tidak akan membuat berat badan Anda semakin bertambah.

  1. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah ditemukan. Anda dapat merebus, menggoreng, mencampurkan dalam salad atau membuat orak-arik telur untuk menu Anda. Telur juga diperkaya dengan DHA yang akan meningkatkan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan ibu menyusui.

Jika Anda sedang menyusui dan mengalami kelebihan berat badan dan ingin melakukan diet, ada baiknya Anda hindari jenis diet yang dapat memangkas banyak kalori atau yang dapat membuat berat badan Anda turun dengan cepat, karena cara seperti itu dapat mempengaruhi produksi ASI.  Terapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga. Jika perlu, konsultasi dengan dokter untuk diet yang sebaiknya Anda lakukan saat menyusui. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/parenting/menyusui/menurunkan-berat-badan-saat-menyusui/

https://www.alodokter.com/diet-ibu-menyusui-yang-aman


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store