Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

153

Menentukan jenis makanan untuk penderita diabetes memiliki peran penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Pasien diabetes tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan. Pasalnya, jika salah asupan, kadar gula darah bisa meningkat. Untuk itu, harus diketahui jenis makanan untuk penderita diabetes yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes dapat berisiko menimbulkan dampak pada kesehatan, seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, masalah pada mata, lebih rentan terkena infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran atau koma. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh makanan, berikut menu makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat yang dianjurkan adalah karbohidrat yang berserat tinggi diantaranya yaitu gandum, nasi merah, biji-bijian dan kacang-kacangan, ubi jalar, roti gandum dan juga buah-buahan sperti apel, strawberry, dan raspberry. Disarankan untuk mengonsumsi makanan ini sebesar 46-65 persen dari total asupan kalori. Sedangkan karbohidrat total yang dianjurkan adalah tidak kurang dari 130 gram per hari.

  1. Lemak

Bagi penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi makanan yang berlemak dengan ketentuan jika mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dianjurkan tidak lebih dari tujuh persen dair kebutuhan kalori, sedangkan ntuk lemak tidak jenuh gAnda tidak kurang dari sepuluh persen. Sebaiknya batasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging berlemak.

  1. Protein

Sumber protein yang baik untuk pasien diabetes adalah ikan, udang, cumi, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Kebutuhan kalori yang diperlukan untuk pasien diabetes sebesar 10-20 persen dari total asupan kalori.

  1. Natrium

Penderita diabetesi yang juga memiliki penyakit hipertensi perlu mengurangi asupan natrium. Sumber natrium yang dimaksud diantaranya yaitu garam, vetsin, soda, dan bahan pengawet seperti natrium benzoat dan natrium nitrit. Untuk penderita diabetes asupan natrium dianjurkan tidak kurang dari 2.000 miligram per hari.

  1. Serat

Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi serat yang berasal dari kacang-kacangan, buah, dan sayuran. Pasien diabetes juga dapat mengonsumsi sumber karbohidrat yang tinggi serat. Anjuran konsumsi serat untuk diabetesi sekitar 20-35 gram per hari yang berasal dari berbagai sumber bahan makanan. Serat bisa membantu Anda tetap kenyang lebih lama, mengurangi lemak darah, membantu menurunkan gula darah, dan mengurangi resistensi insulin.

  1. Gula

Bagi penderita diabetes sebenarnya boleh mengonsumsi gula namun harus mengetahui dahulu tentang batas aman mengonsumsi gula perharinya. Batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam satu hari adalah 50 gram gula. Apabila Anda menggemari makanan yang manis, Anda dapat mengganti gula Anda dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengendalikan gula darah. Kurangi semua jenis minuman manis termasuk soda, jus buah, minuman olahraga, dan yang lainnya. Jika Anda ingin makanan manis, makanlah dengan porsi kecil. (RA)

Daftar Pustaka

Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni). Konsensus: Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia https://pbperkeni.or.id/doc/konsensus.pdf diakses 28 Februari 2018.

Waspadji, S., Sukardji, K., Suharyati. Menyusun Diet berbagai penyakit Berdasarkan Daftar Bahan Makanan Penukar. Depok: Universitas Indonesia.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store