Menularkah Penyakit Lupus?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

325

Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau yang lebih dikenal dengan penyakit Lupus, juga biasa dikenal sebagai penyakit seribu wajah karena gejala dan tandanya dapat meniru penyakit lain.

Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun kronis yang menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh. Dalam keadaan normal, sistem kekebalan tubuh (antibodi) berfungsi melindungi tubuh dari virus, kuman, maupun benda asing lainnya. Pada penyakit Lupus, antibodi yang dihasilkan untuk pertahanan tubuh berbalik menyerang jaringan dan organ tubuhnya sendiri.

Lupus bukanlah penyakit menular tetapi jika tidak segera ditangani Lupus dapat menimbulkan berbagai komplikasi serius hingga kematian. Penyakit ini kebanyakan menyerang wanita usia reproduktif yaitu sekitar 15-50 tahun. Namun tidak berarti laki-laki, anak-anak dan remaja di bawah 15 tahun tidak bisa terkena Lupus.

Gejala penyakit Lupus cukup sulit dikenali karena gejala dan tandanya mirip dengan penyakit lain. Karena Lupus termasuk penyakit kronis maka gejala yang muncul dapat bertahan lebih dari 6 minggu hingga bertahun-tahun. Gejala pada setiap penderita Lupus tidak selalu sama. Bahkan pada orang yang sama gejalanya bisa berbeda-beda dari waktu ke waktu.

Berikut ini ada beberapa gejala yang paling sering muncul pada penderita Lupus.

  1. Nyeri atau bengkak pada sendi
  2. Demam
  3. Keletihan dan sakit kepala
  4. Anemia
  5. Ruam kemerahan pada pipi hingga hidung, tampak seperti kupu-kupu (butterfly rash)
  6. Sensitif terhadap cahaya atau cahaya matahari
  7. Rambut rontok
  8. Perdarahan yang tidak biasa
  9. Sariawan dimulut atau koreng dihidung
  10. Jari-jari berubah pucat atau kebiruan ketika dingin

Karena gejalanya yang tidak khas, di samping mencari gejala yang tampak atau dirasakan pasien, dokter biasanya juga akan meminta sejumlah tes laboratorium, melihat catatan kesehatan pasien, dan mencari tahu apakah ada riwayat dalam keluarga yang menderita Lupus. Semua ini penting bagi dokter untuk menegakkan diagnosa.

Sejauh mana Orang Dengan Lupus atau ODAPUS mampu menjalani hidup? 

Meski penyakit Lupus adalah penyakit yang tak dapat disembuhkan, namun Odapus tetap bisa hidup dengan damai dan mengurangi risiko gangguan yang mungkin muncul. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat termasuk didalamnya olahraga rutin, istirahat yang cukup, hindari stress, konsumsi makanan sehat kaya antioksidan, hindari paparan sinar matahari berlebihan dan berhenti merokok.

Lupus ada yang tidak parah, tapi ada juga yang sampai mengancam jiwa. Karena itu Lupus harus selalu ditangani oleh dokter yang ahli. Dengan pengobatan yang baik, penderita Lupus dapat hidup normal dan memiliki harapan hidup yang sama dengan orang lain. (RH/CM)

Daftar Pustaka

  1. Djoerban Z. 2015. Lupus Penyakit Seribu Wajah. https://zubairidjoerban.org/Lupus-penyakit-seribuwajah-bagian-1/
  2. Bartels C M. 2017. Systemic Lupus Erythematosus (SLE). https://emedicine.medscape.com/article/332244-overview

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store